Kemenkumham Sumsel fasilitasi BHP Jakarta ambil sumpah perwalian anak

id Kemenkumham Sumsel, fasilitasi BHP, bhp Jakarta, sumpah perwalian, perwalian anak di bawah umur, bhp,Balai harta peningg

Kemenkumham Sumsel fasilitasi  BHP Jakarta ambil sumpah perwalian anak

Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Sumatera Selatan memfasilitasi Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta
mengambil sumpah perwalian sejumlah anak dibawah umur yang ada di provinsi setempat.

"Pengambilan sumpah perwalian anak di bawah umur yang sudah ditetapkan oleh Pengadilan Agama Palembang pada Oktober 2023 ini. Pengambilan sumpah tersebut dilakukan BHP Jakarta dikarenakan wilayah tugas dan kewenangannya meliputi wilayah DKI Jakarta, Jawa Barat, Banten, Sumatera Selatan, Jambi, Lampung, Bangka Belitung dan Kalimantan Barat," kata Kakanwil Kemenkumham Sumsel Ilham Djaya di Palembang, Kamis.

Untuk melakukan pengambilan sumpah tersebut, menurut Ilham, tim dari Balai Harta Peninggalan (BHP) Jakarta telah berkoordinasi dengan pihaknya.

“Sesuai Permenkumhan Nomor 7 Tahun 2021 tentang Organisasi dan Tata Kerja Balai Harta Peninggalan, maka BHP Jakarta di bawah Kemenkumham Jakarta akan mengambil sumpah perwalian anak di wilayah Sumsel,” ujarnya.

Dia menjelaskan, perwalian anak wajib dilakukan penyumpahan sesuai Pasal 362 dan 366 KUHPerdata, karena jika tidak dilakukan maka status perwalian tersebut akan batal demi hukum.

“Apalagi nanti orang yang disumpah akan menjadi wali dari si anak terkait dengan seluruh aset keluarganya, maka jika ada peralihan harta dari si anak wajib seizin wali pengawas tersebut,” ungkap Kakanwil.