Danau buatan bantu ketersediaan air Lapas Banyuasin

id Lapas, lapas banyuasin, atasi masalah, air, musim kemarau, kemarau

Danau buatan bantu ketersediaan air Lapas Banyuasin

Suasana Lapas di Palembang (ANTARA/Yudi Abdullah/23)

Palembang (ANTARA) - Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas II A Banyuasin, Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan, mengatasi masalah air bersih pada musim kemarau dengan menyiapkan danau buatan di area sekitar lapas.

"Menghadapi musim kemarau panjang yang melanda saat ini, kami harus memutar otak, agar penghuni lapas tidak kekurangan air untuk kebutuhan mandi, cuci, dan kakus (MCK), serta air bersih dengan membuat danau buatan," kata Kepala Lapas Kelas II A Banyuasin Ronaldo Devinci Talesa di Pangkalan Balai, Banyuasin, Sabtu.

Dia menjelaskan lapas yang dipimpinnya dihuni 1.183 orang warga binaan tersebut membutuhkan air bersih cukup banyak setiap harinya.

Dengan disiapkannya danau buatan di sekitar area lapas, penghuni tidak merasakan kekurangan air untuk MCK dan air bersih, karena air untuk lapas didapat dari danau buatan, katanya.

Selain dari danau buatan, Lapas Kelas II A Banyuasin terbantu dengan adanya penambahan air yang diambil menggunakan mobil tanki.

Petugas lapas secara rutin mengambil air pada pagi dan sore hari di sumber mata air kawasan Kelurahan Sukomoro, Banyuasin.

Untuk tambahan air, lapas ini juga terbantu dengan pasokan air dari Sukomoro yang diambil menggunakan mobil tanki.

Melalui upaya tersebut, masalah air bersih pada musim kemarau tahun-tahun sebelumnya tidak terjadi tahun ini walaupun ada fenomena El Nino, ujar Kalapas Ronaldo.*