Verifikasi atlet ketat tekan pengaduan di Porprov Sumsel 2023

id porprov sumsel, pekan olahraga, lahat, tim verifikasi

Verifikasi atlet ketat tekan pengaduan di Porprov Sumsel 2023

Dua atlet judo sedang bertanding pada babak semifinal Poprov Sumsel XIV/2023 Lahat di Aula Dodik Secata AD Rindam II/Sriwijaya, Kamis. (ANTARA/Syarif Abdullah)

Lahat, Sumsel (ANTARA) - Pelaksanaan verifikasi dan validasi data atlet yang ketat dan berlapis ikut andil menurunkan angka pengaduan terkait status atlet pada Porprov Sumsel XIV/2023 di Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

"Verifikasi dan validasi atlet dilakukan ketat, cermat dan berlapis untuk menentukan keabsahan atlet. Itu berandil menurunkan angka pengaduan di ajang Porprov kali ini," kata Sekretaris Tim Verifikasi dan Keabsahan Atlet Porprov Sumsel XIV/2023 , Tito K di Lahat, Kamis.

Porprov Sumsel XIV/2023  berlangsung di Kabupaten Lahat, dan hingga saat ini sudah di dua pertiga perjalanan perhelatan olahraga multi event itu.

Ia menyebutkan, pihaknya menerapkan regulasi verifikasi dan validasi atlet sesuai aturan yang ada.

"Verifikasi jelas kita berdasarkan dokumen kependudukan dan dokumen pendukung lainnya yang dimiliki atlet. Semua akan bersandar ke dokumennya, itu patokan kita," kata Tito.

Ia mengakui, pada Porprov Sumsel XIV/2023 ada pengaduan yang dilayangkan kontingen peserta. Ada sebanyak tiga pengaduan, namun pihaknya langsung melakukan sidang untuk merespon laporan itu.

"Semuanya berhasil diselesaikan setelah melakukan sidang di tim verifikasi dan keabsahan. Keputusan dikembalikan kepada regulasi yang ada, itu sudah jelas," kata Tito.

Sementara itu Dewan Hakim Porprov Sumsel XIV/2023 Bambang Budi mengapresiasi kinerja tim verifikasi dan keabsahan atlet Porprov Sumsel XIV/2023 yang bisa mengatasi dan menuntaskan aduan.

"Semua dikomunikasikan dan diselesaikan secara internal dulu, itu baik dan meringankan tugas Dewan Hakim. Digitalisasi data atlet jelas sangat membantu dalam verifikasi dan validasi atlit," kata Bambang Budi.

Sementara itu Ketua Panitia PB Porprov XIV/2023 H Ahmad Syamsudin yang juga Dirut Bank Sumsel Babel saat pembukaan menyebutkan Porprov Sumsel XIV/2023 mempertandingkan 44 cabang olahraga dan 817 nomor pertandingkan dengan jumlah medali yang perebutkan sebanyak 3.011 medali yang terdiri dari 878 emas, 878 perak dan 1255 medali perunggu.

Setelah Porprov, akan dilanjutkan dengan pekan Paralimpik Provinsi (Peparprov) IV/2023  mempertandingkan sebanyak 10 cabang pertandingan dengan jumlah total atlet NPCI yang bertanding 912 orang.