Siswa Muba berlomba "Cerdas Ular Tangga" memeriahkan HUT Kemerdekaan

id Ular tangga, hut ri, hari kemerdekaan

Siswa Muba berlomba "Cerdas Ular Tangga" memeriahkan HUT Kemerdekaan

Seorang pelajar SD peserta Lomba Cerdas Ular Tangga sedang mengikuti lomba yang digelar di Stable Sekayu Kabupaten Musi Banyuasin yang digelar dalam rangka memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI. (ANTARA/HO/Diskominfo)

Sekayu, Muba (ANTARA) - Puluhan tim siswa SD di Kabupaten Musi Banyuasin (Muba) Sumatera Selatan berkompetisi lomba "Cerdas Ular Tangga' memeriahkan HUT ke-78 Kemerdekaan RI yang digelar di Stable Kuda Sekayu Muba.

"Lomba ini kolaborasi edukasi dengan permainan ulat tangga. Mereka adu cerdas pengetahuan dan adu strategi di atas lapangan ulat tangga ukuran besar,"  kata Ketua Pelaksana Kegiatan tingkat SD Marlina di Sekayu, Selasa.

Kegiatan unik itu kolaborasi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Muba dengan Kelompok Kerja Kepala Sekolah (KKKS) daerah itu.

Ia menyebutkan, selain kompetisi cerdas ular tangga, pada kegiatan itu juga digelar lomba pembacaan naskah Teks Proklamasi Kemerdekaan RI.

Marlina menjelaskan, lomba Cerdas Ular Tangga ini hampir sama dengan lomba cerdas cermat pada umumnya. Melalui lomba tersebut  mengajarkan bagaimana strategi pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa-siswi.

Tentunya disesuaikan juga dengan kurikulum merdeka yang sudah mulai diterapkan. Sebanyak 32 tim turun berlomba pada cerdas ular tangga, dan 30 peserta lomba Pembacaan Teks Proklamasi.

Sementara itu Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Muba  Iskandar Syahrianto menyampaikan apresiasi atas animo luar biasa peserta dan kolaborasi kelompok kerja kepala sekolah.

"Kita apresiasi, lomba cerdas ular tangga yang kita nilai bisa meningkatkan semangat dan kreativitas peserta didik di tingkat SD," kata Iskandar.

Iskandar juga menyebutkan, sesuai dengan kurikulum merdeka, esensi dari merdeka belajar sendiri, yaitu kebebasan berpikir yang ditujukan kepada siswa dan guru, sehingga mendorong terbentuk karakter jiwa merdeka.

"Sebab, siswa dan guru dapat mengeksplorasi pengetahuan dari lingkungannya," katanya.

Ia berharap lomba cerdas ular tangga ini bisa lebih mengeksplorasi siswa dan guru di sekolah, dengan demikian bisa menambah minat peserta didik untuk belajar lebih giat dengan metode belajar sambil bermain.

"Semoga bisa diimplementasikan di sekolah masing-masing, dan bisa jadi contoh atau pionir bagi sekolah di luar Kecamatan Sekayu lainnya di Kabupaten Muba," katanya menambahkan.