Sebanyak 1.724 pencari kerja manfaatkan bursa kerja di OKU Sumsel

id Pencari kerja, bursa kerja, lowongan pekerjaan, angka pengangguran, Disnaker OKU

Sebanyak 1.724 pencari kerja manfaatkan bursa kerja  di OKU Sumsel

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Tenaga Kerja OKU Helmi Purnomo. ANTARA/Edo Purmana

Baturaja (ANTARA) - Sebanyak 1.724 pencari kerja (pencaker) di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan (Sumsel) mendaftar di job fair atau bursa kerja yang dibuka oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) setempat untuk mengurangi angka pengangguran.

"Ada ribuan pelamar yang mendaftar di bursa kerja yang kami buka pada 23-25 Juni 2023," kata Pelaksana Tugas Kepala Disnaker OKU Helmi Purnomo, di Baturaja, Jumat.

Dalam job fair yang digelar di Taman Kota Baturaja tersebut, Pemkab OKU menggandeng lembaga Bursa Kerja Khusus (BKK) Provinsi Sumsel untuk memenuhi target 500 pekerja.

Kegiatan ini sebagai salah satu upaya Pemkab OKU untuk menekan angka pengangguran di daerah itu, dengan memberikan kesempatan kepada masyarakat guna mencari pekerjaan yang dibutuhkan di bursa kerja tersebut.

"Kegiatan ini berlangsung sukses, karena jumlah pencaker yang mendaftar memenuhi target," katanya.

Dalam bursa kerja itu, pihaknya melibatkan 20 perusahaan lokal antara lain Hotel Bukit Indah Lestari (BIL), Auto 2000, Hotel The Zuri Baturaja, Ramayana, dan Matahari.

Adapun lowongan pekerjaan yang paling banyak diminati para pencaker di OKU adalah di bidang perhotelan, seperti Hotel BIL, dan Hotel The Zuri. Kemudian, disusul di bidang perbankan, perusahaan elektronik, dan pertokoan.

"Total ada 1.724 pencaker yang memasukkan lamarannya ke bursa kerja," ujarnya pula.

Helmi menargetkan, kegiatan bursa kerja itu bisa menyerap minimal 500 pencaker dari berbagai disiplin ilmu, baik SMA atau SMK sederajat, maupun lulusan strata satu.

"Targetnya seperti itu dan mudah-mudahan saja dapat terealisasi sehingga bisa mengurangi angka pengangguran di Kabupaten OKU," ujarnya pula.