Menpan RB: Libur Idul Adha tiga hari dorong waktu berkualitas

id Menteri PANRB Azwar Anas, Libur idul adha,berita sumsel, berita palembang

Menpan RB: Libur Idul Adha tiga hari dorong waktu berkualitas

Tangkapan layar - Menpan RB Abdullah Azwar Anas dalam kegiatan Soft Launching Mal Pelayanan Publik (MPP) Digital Nasional di Istana Wakil Presiden, Jakarta, sebagaimana dipantau melalui kanal YouTube Kementerian PAN-RB, Selasa (20/6/2023). (ANTARA/Tri Meilani Ameliya)

Jakarta (ANTARA) - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan RB) Abdullah Azwar Anas mengatakan usulan libur Idul Adha 1444 Hijriah selama tiga hari, yakni pada 28-30 Juni 2023, bertujuan supaya masyarakat memiliki waktu libur berkualitas bersama keluarga.

"Jadi, SKB-nya (surat keputusan bersama) sedang proses sekarang ditandatangani, begitu juga perpresnya," kata Azwar Anas di Istana Wakil Presiden, Jakarta, Selasa.

Dia menjelaskan usulan libur Idul Adha selama tiga hari itu bukan semata-mata disebabkan oleh adanya perbedaan penetapan Idul Adha antara Pemerintah dengan organisasi kemasyarakatan (ormas) keagamaan Muhammadiyah, tetapi juga untuk menciptakan kualitas libur masyarakat dengan keluarga meningkat.

"Jadi, bukan semata-mata karena ada dua Idul Adha di hari berbeda, tetapi kan ini musim liburan anak-anak, sehingga quality time dari para ASN kita dan juga masyarakat Indonesia penting untuk berkumpul bersama keluarga," jelasnya.

Selain itu, tambahnya, libur panjang Idul Adha 2023 itu diharapkan dapat mendukung pertumbuhan ekonomi di daerah.