Arus mudik dan balik Lebaran di OKU Sumsel lancar

id Arus mudik, Idul Fitri,pintu tol, daerah perbatasan, Polres OKU

Arus mudik dan balik Lebaran di OKU Sumsel lancar

Kapolres OKU, AKBP Arif Harsono meninjau arus mudik di Stasiun Kereta Api Baturaja, Jumat (21/4/2023). ANTARA/Edo Purmana/23

Baturaja (ANTARA) - Arus mudik dan balik Lebaran Idul Fitri tahun 2023 di jalur lintas wilayah hukum Polres Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatra Selatan relatif aman dan lancar.

"Mulai H-7 hingga puncak arus balik pada Minggu (30/4) tidak terjadi penumpukan kendaraan ataupun kecelakaan di jalan raya di kawasan OKU," kata Kapolres OKU AKBP Arif Harsono di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, arus lalu lintas kendaraan pemudik yang melintas di Jalan Lintas Tengah (Jalinteng) Sumatra wilayah Kabupaten OKU lancar tanpa kendala.

Selama masa angkutan mudik Lebaran tidak terjadi peningkatan volume kendaraan roda dua maupun empat yang melintas di Jalinteng OKU dibandingkan tahun sebelumnya.

Hal itu disebabkan seiring dengan dibukanya pintu Tol Prabumulih-Palembang yang masih dibuka secara gratis untuk pemudik tahun ini.

Selain itu, pemudik dari Pulau Jawa seperti Lebaran tahun sebelumnya lebih memilih lewat jalan Tol Lampung-Palembang dibanding jalan lintas karena lebih praktis dan cepat sampai ke tujuan.

"Bisa dikatakan selama arus mudik dan balik situasi jalanan di OKU lengang. Apalagi tidak ada angkutan truk non sembako yang melintas sejak H-7 hingga tujuh hari setelah Lebaran," ujarnya.

Sementara, salah seorang warga Kota Baturaja, Kabupaten OKU, Eko yang melakukan perjalanan mudik pada Lebaran 2023 mengaku puas atas kinerja Polri beserta instansi terkait, karena arus mudik dan arus balik dinilai berjalan lancar.

Menurut dia, kelancaran arus mudik dan balik tersebut berkat kesiapan aparat kepolisian dalam memberlakukan kebijakan larangan kendaraan besar melintas di Jalinteng wilayah Kabupaten OKU selama masa angkutan Lebaran.

Ditambah lagi pelayanan dan pengamanan petugas di posko wilayah perbatasan membuat pengendara nyaman saat melintas di wilayah itu.

"Mudik tahun ini lebih lancar karena di sepanjang jalan menuju Palembang tidak terlihat truk batubara yang melintas," ujarnya.


Berita ini telah tayang di Antaranews.com dengan judul: Arus mudik dan balik Lebaran di OKU Sumsel aman dan lancar