Armada lebaran yang beroperasi di Kabupaten OKU menurun

id angkutan lebaran OKU,angkutan mudik,layanan mudik

Armada lebaran yang beroperasi di Kabupaten OKU menurun

Kepala Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Batu Kuning Kabupaten OKU Ardinata. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Baturaja (ANTARA) - Jumlah angkutan yang beroperasi di wilayah Kabupaten Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Provinsi Sumatra Selatan, pada masa mudik dan balik Lebaran tahun 2023 menurun jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Menurut Kepala Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Tipe A Batu Kuning OKU Ardinata di Baturaja, Senin, bus antar kota antar provinsi (AKAP) rute Sumatera-Jawa yang menggunakan Terminal Batu Kuning pada masa mudik dan balik Lebaran tahun 2022 sebanyak 344 unit dan jumlah penumpang yang diangkut 8.662 orang.

Sedangkan pada masa mudik dan balik Lebaran tahun 2023, ia melanjutkan, bus AKAP yang menggunakan layanan terminal hanya 307 unit dan jumlah penumpang yang diangkut sebanyak 1.009 orang.

"Hingga puncak arus balik Lebaran tidak terjadi peningkatan kendaraan yang masuk maupun berangkat dari Terminal Batu Kuning," katanya.

Menurut dia, pengguna layanan Terminal Batu Kuning berkurang karena kendaraan yang mengangkut pemudik lebih banyak melalui Jalan Lintas Timur.

Selain itu, ia melanjutkan, operator angkutan mudik banyak yang memilih lewat jalan tol Palembang-Lampung agar lebih cepat sampai ke tujuan.

"Kendaraan dari Pulau Jawa tujuan Palembang banyak yang melewati jalan tol agar cepat sampai tujuan," ujarnya.

Ia menjelaskan pula bahwa pengelola Terminal Batu Kuning telah melakukan uji kelaikan kendaraan untuk memastikan keamanan angkutan mudik.

"Uji kelayakan tetap rutin kami lakukan, seperti memeriksa kelayakan rem kendaraan untuk menghindari kecelakaan di jalan raya," ujarnya.