Kemplang Palembang ikut diborong jelang Idul Adha

id UMKM Palembang,Lebaran,Idul Adha 2024

Kemplang Palembang  ikut diborong jelang Idul Adha

Kerupuk kemplang panggang khas Palembang, Sumatera Selatan. (ANTARA/ M Imam Pramana)

Palembang (ANTARA) -
Sejumlah perajin kerupuk kemplang panggang di Kota Palembang, Sumatera Selatan, kebanjiran pesanan menjelang Hari Raya Idul Adha 1445 H untuk menjadi pelengkap atau pendamping makan bagi warga.
 
"Karena biasanya lebaran Idul Adha ini banyak orang memasak daging kurban ya, kerupuk kemplang ini menjadi pilihan warga untuk menjadi pendamping makanan," kata Lisa pelaku UMKM kerupuk kemplang panggang di Kertapati, Palembang, Sabtu.
 
Menurutnya, pesanan mulai melonjak sejak hari kelima menjelang lebaran, biasanya warga memesan melalui media sosial dan kebanyakan warga lokal asal Kota Palembang sendiri.
 
Kerupuk kemplang merupakan kerupuk khas Palembang yang dipanggang secara langsung menggunakan bara api. Memiliki rasa yang gurih membuat nya berbeda dari kerupuk yang lain, sehingga memberikan sensasi dan membuat selera untuk dinikmati.
 
Ia menambahkan meskipun tidak seramai saat bulan puasa dan Idul Fitri, namun ia bersyukur karena produk dan dagangannya memberikan keuntungan menjelang Idul Adha ini.
 
Sementara itu, Tuti perajin kemplang asal Seberapa Ulu I Palembang mengaku kebanjiran pesanan kemplang mentah yang siap dipanggang.
 
"Kemplang mentah ini kami juga kebanjiran orderan, pembeli melonjak bahkan ada pesanan yang masuk dari Kota Pagaralam dan sekitaran Palembang lainnya," katanya.
 
Ia mengaku sudah kali kedua dalam momentum menjelang lebaran untuk berjualan, dan tahun ini penjualan lebih meningkat dibandingkan dengan tahun sebelumnya.