Di Bangka ada kemitraan penanganan bencana, ini gerakannya

id bpbd bangka barat,mitigasi bencana,BPBD Bangka Barat tingkatkan kemitraan,tingkatkan kemitraan penanganan bencana,BPBD B

Di Bangka ada kemitraan penanganan bencana, ini gerakannya

Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten bangka Barat Achmad Nursyandi (kanan) mendampingi Waki bupati Bangka Barat Bonr Ming Ming (depan) meninjau lokasi rawan bencana di Kecamatan Mentok. (ANTARA/ Donatus Dasapurna)

Mentok, Babel (ANTARA) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kabupaten Bangka Barat, Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, berupaya meningkatkan kemitraan untuk menguatkan pelayanan dalam penanganan kebencanaan yang diharapkan mampu mengurangi timbulnya korban.

"Selama ini kita sudah melakukan pemetaan risiko dan potensi bencana yang sering terjadi di daerah ini, dari data tersebut kita susun perencanaan program dan kegiatan sebagai upaya penanggulangan kebencanaan di daerah," kata Kepala Pelaksana BPBD Kabupaten Bangka Barat Achmad Nursyandi di Mentok, Minggu.

Menurut dia, Pemkab Bangka Barat cukup memperhatikan berbagai upaya yang dilakukan untuk penanggulangan bencana di daerah, bahkan dari sisi anggaran, BPBD yang baru terbentuk sekitar empat tahun sudah memiliki anggaran yang cukup untuk mendukung operasional kebencanaan.

Upaya mitigasi bencana yang telah disiapkan antara lain peningkatan dana untuk pelayanan informasi rawan bencana kepada masyarakat dan penyusunan beberapa dokumen yang dibutuhkan seperti dokumen kajian risiko bencana, dokumen rencana penanggulangan bencana, dan dokumen rencana kontingensi.