Sumsel galakan pembinaan UMKM untuk tingkatkan daya saing

id Pemprov Sumsel, galakkan pembinaan UMKM, umkm, kembangkan umkm

Sumsel galakan pembinaan UMKM untuk tingkatkan daya saing

Kegiatan UMKM dalam satu kawasan di Jalan POM IX Kampus Palembang. ANTARA/Yudi Abdullah/23

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menggalakkan pembinaan pelaku usaha mikro kecil menengah (UMKM) di provinsi setempat guna meningkatkan daya saing dan
mendorong berkembang menjadi usaha besar.

"Untuk meningkatkan pembinaan UMKM di 17 kabupaten dan kota dalam provinsi ini disiapkan sejumlah program pelatihan dan bantuan modal usaha," kata Wakil Gubernur Sumsel, Mawardi Yahya di Palembang, Senin.

Dia menjelaskan, program pelatihan itu seperti pelatihan manajemen usaha, pengelolaan keuangan, pengembangan usaha, pembuatan kemasan produk.

Kemudian mendorong pelaku UMKM untuk melakukan kegiatan promosi baik turun langsung ke calon konsumen maupun secara daring (online) memanfaatkan media sosial.

Dengan memperoleh pelatihan itu, diharapkan pelaku UMKM yang tersebar di 17 kabupaten dan kota mampu menjalankan usahanya dengan baik.

Selain itu, pihaknya juga berupaya membuka pintu lembaga keuangan untuk menjadi mitra pembiayaan pelaku UMKM agar dapat tambahan modal meningkatkan produksi dan mengembangkan usaha, kata Wagub Mawardi.

Sementara Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sumsel, Amirudin menjelaskan bahwa pihaknya mendorong pelaku UMKM di provinsi setempat untuk mengembangkan usahanya.

"Untuk mendorong pelaku UMKM mengembangkan usaha, program pembinaan pihaknya berupaya melanjutkan program pembinaan yang telah dirasakan manfaatnya dengan baik oleh pelaku UMKM selama ini," katanya.