Dolar menguat bersama imbal hasil obligasi pemerintah, sterling jatuh

id dolar as,ekonomi dunia,the fed,krisis dunia

Dolar menguat bersama imbal hasil obligasi pemerintah, sterling jatuh

Uang kertas 100 dolar AS. ANTARA/Valera Golovniov / SOPA Images/S via Reuters Connect/pri

New York (ANTARA) - Dolar melambung dari posisi terendah dua Minggu pada akhir perdagangan Rabu (Kamis pagi WIB), karena imbal hasil acuan obligasi pemerintah AS 10-tahun naik ke level tertinggi 14-tahun, sementara sterling melemah setelah inflasi harga konsumen Inggris yang lebih panas dari perkiraan memicu kekhawatiran tentang resesi yang lebih dalam.

Greenback mencapai puncak 32 tahun terhadap yen, mendekati level 150 di mana beberapa pedagang berpikir bank sentral Jepang (BoJ) dan Kementerian Keuangan mungkin melakukan intervensi.

Imbal hasil obligasi pemerintah melanjutkan perjalanan mereka lebih tinggi karena investor mempertahankan ekspektasi bahwa Federal Reserve akan terus secara agresif menaikkan suku bunga untuk menurunkan inflasi yang melonjak, meningkatkan permintaan untuk mata uang AS.

Bank sentral AS diperkirakan akan menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin lagi ketika bertemu pada 1-2 November, dengan tambahan 50 atau 75 basis poin kemungkinan kenaikan juga pada Desember.

Masih terlalu dini untuk mencoba melemahkan dolar, kata Mazen Issa, ahli strategi valuta asing senior di TD Securities. Dolar kemungkinan akan terus meningkat sampai momentum inflasi inti menjadi moderat dan The Fed beralih ke sikap yang kurang hawkish, dan "kemungkinan tidak dalam jangka pendek".

Presiden Fed Minneapolis Neel Kashkari mengatakan pada Rabu (19/10/2022) bahwa permintaan pasar kerja tetap kuat dan tekanan inflasi yang mendasari mungkin belum mencapai puncaknya.

Beige Book The Fed pada Rabu (19/10/2022) menunjukkan bahwa aktivitas ekonomi AS berkembang moderat dalam beberapa pekan terakhir, meskipun datar di beberapa daerah dan menurun di beberapa daerah lain, dalam sebuah laporan yang menunjukkan perusahaan tumbuh lebih pesimis tentang prospek.

Indeks dolar naik 0,88 persen terhadap sekeranjang enam mata uang utama lainnya menjadi 112,92. Euro turun 0,95 persen menjadi 0,9771 dolar.

Pound Inggris jatuh 1,02 persen menjadi 1,1210 dolar setelah data menunjukkan bahwa inflasi harga konsumen tahunan Inggris naik tipis menjadi 10,1 persen pada September, memanas lebih dari yang diharapkan dan kembali ke level tertinggi 40 tahun pada Juli.

"Prospek ekonomi Inggris tetap relatif suram, dengan membengkaknya biaya pinjaman, melonjaknya harga konsumen, dan pemerintahan dalam kekacauan dengan kredibilitasnya yang sedikit tidak mungkin menginspirasi banyak kepercayaan," kata Matthew Ryan, kepala strategi pasar di Ebury.

Investor memperkirakan sterling akan tetap di bawah tekanan di tengah prospek kenaikan inflasi dan resesi di Inggris yang dapat menyebabkan bank sentral Inggris (BoE) menaikkan suku bunga sebesar 75 basis poin daripada 100 basis poin pada pertemuan November.

Sementara kenaikan suku bunga biasanya akan meningkatkan mata uang, dalam kasus Inggris fokusnya adalah pada sejauh mana mereka akan membahayakan ekonomi yang sudah genting.

"Ekonomi akan menderita dan itu berarti bahwa mata uang harus menjadi katup pelepas untuk mencerminkan pergeseran pandangan di sisi makro," kata Issa.

Dolar terakhir naik 0,43 persen menjadii 149,87 yen.

Pedagang sangat waspada terhadap kementerian keuangan Jepang dan bank sentral untuk masuk ke pasar lagi, karena pasangan mata uang itu didorong ke arah penghalang psikologis utama di 150. Penembusan 145 yen sebulan yang lalu mendorong intervensi pembelian yen pertama sejak 1998 guna menopang mata uang.

Menteri Keuangan Jepang Shunichi Suzuki mengatakan pada Rabu (19/10/2022) bahwa ia sedang memeriksa nilai tukar mata uang "dengan cermat" dan dengan frekuensi yang lebih banyak, media lokal melaporkan.

BoJ tetap menjadi pengecualian di antara gelombang pengetatan kebijakan moneter bank sentral global untuk memerangi inflasi yang melonjak, karena berfokus pada menopang ekonomi yang rapuh.

Analis di Credit Suisse mengatakan bahwa yen bisa melemah melampaui 150 jika bank sentral Jepang mempertahankan pandangan ini pada pertemuannya pada 27-28 Oktober.

"Kami terbuka untuk lonjakan baru yang lebih tinggi jika BoJ bertahan pada pertemuannya bulan ini, dengan sedikit menghormati kapasitas intervensi valas untuk menekan pergerakan," kata analis yang dipimpin oleh Shahab Jalinoos dalam sebuah laporan yang dikirim Selasa (18/10/2022).