Bawaslu OKU siapkan tahapan ujian seleksi calon panwaslu kecamatan

id Seleksi Panwaslu Kecamatan, sistem CAT, keterwakilan perempuan, Pemilu 2024, Bawaslu OKU

Bawaslu OKU siapkan  tahapan ujian seleksi calon panwaslu kecamatan

Logo Pemilu 2024. ANTARA/ilustrator/Kliwon

Baturaja (ANTARA) - Bawaslu Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mempersiapkan pelaksanaan ujian seleksi calon anggota panitia pengawas pemilu (panwaslu) kecamatan menggunakan sistem computer assisted test (CAT).

Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten OKU Dewantara Jaya di Baturaja, Kamis, mengatakan bahwa tahapan ujian seleksi calon anggota panwaslu kecamatan di kantor bawaslu setempat selama 3 hari, mulai 14 hingga 16 Oktober 2022.

Dikatakan bahwa tahapan ujian seleksi dengan sistem CAT akan diikuti 212 peserta untuk tentukan enam besar pada seleksi penerimaan anggota panwaslu kecamatan yang akan bertugas pada Pemilu 2024.

Untuk teknis pelaksanaan CAT, apakah sesuai dengan nomor urut pendaftaran atau zona per kecamatan, pihaknya belum bisa memastikan hal itu karena masih menunggu petunjuk dari Bawaslu Provinsi Sumsel.

"Yang pastinya ada ratusan perangkat komputer yang digunakan dalam ujian dan ditargetkan anggota panwaslu kecamatan yang sudah terpilih nantinya akan dilantik pada akhir Oktober 2022," katanya.

Ia menyebutkan pendaftar petahana atau yang pernah menjadi anggota panwaslu kecamatan pada pemilu sebelumnya sekitar 60 persen dari total peserta yang akan mengikuti ujian seleksi tersebut.

"Sisanya merupakan pendatang baru. Meski demikian, semua pendaftar memiliki hak dan peluang yang sama untuk terpilih," katanya.

Terkait dengan keterwakilan perempuan dalam rekrutmen panwaslu kecamatan ini, Dewantara menyebutkan hanya tiga dari 13 kecamatan yang memenuhi 30 persen pendaftar perempuan, yaitu Kecamatan Baturaja Timur, Baturaja Barat, dan Sinar Peninjauan.

"Sepuluh kecamatan lainnya meski sudah dilakukan perpanjangan masa pendaftaran masih belum terpenuhi. Dengan demikian, sesuai dengan ketentuan seleksi dilanjutkan ketahapan berikutnya, yaitu CAT," ujarnya.