Bawaslu OKU: 78 orang peserta calon panwaslu kecamatan lolos ujian CAT

id Ujian CAT, peserta lolos, tes wawancara, panwaslu kecamatan, Bawaslu OKU, Pemilu 2024

Bawaslu OKU: 78 orang peserta calon panwaslu kecamatan lolos ujian CAT

Peserta calon panwaslu kecamatan mengikuti proses ujian CAT di SMA Kader Pembangunan Baturaja selama dua hari pada 14-15 Oktober 2022. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan, mencatat 78 orang peserta calon panwaslu kecamatan lolos "computer assisted test" (CAT) sehingga bisa mengikuti tes wawancara.

Ketua Bawaslu Kabupaten OKU Dewantara Jaya, di Baturaja, Rabu, menerangkan saat ini pihaknya telah merampungkan tahapan ujian CAT yang dilaksanakan di SMA Kader Pembangunan Baturaja selama dua hari, pada 14-15 Oktober 2022.

Dari sebanyak 210 peserta calon anggota panwaslu kecamatan yang mengikuti proses penjaringan, tercatat 78 orang di antaranya dinyatakan lolos CAT.

"Hasilnya sudah kami terima hari ini, yaitu 78 orang lolos ujian CAT," katanya.

Dengan adanya sebanyak 78 orang yang lolos CAT, ujar dia, maka pihaknya telah mempersiapkan tahapan tes wawancara untuk peserta.

"Tes wawancara mulai dilaksanakan pada Kamis (20/10) di tempat yang sama, yaitu SMA Kader Pembangunan Baturaja," jelasnya.

Tes wawancara nantinya akan dilaksanakan sesuai pedoman dan dengan batas waktu yang ditetapkan minimal 30 menit dan maksimal satu jam bagi setiap peserta untuk menjawab pertanyaan panitia.

"Untuk materi pertanyaan tes wawancara biasanya tentang pengetahuan umum pemilu dan wawasan kebangsaan," ujarnya.

Ia berharap para peserta dapat fokus mengikuti tahapan tes wawancara karena jawaban yang diberikan sangat menentukan kelayakan peserta untuk menjadi anggota panwaslu kecamatan pada Pemilu 2024.