Ribuan pelamar CPNS Kemenkumham Sumsel ikuti seleksi CAT

id Ribuan pelamar CPNS, cpns, casn, kemenkumham sumsel, tes cpns, skor CAT, sistem komputer, test, tes

Ribuan pelamar CPNS Kemenkumham Sumsel ikuti seleksi CAT

Ribuan pelamar CPNS Kemenkumham Sumsel mengikuti SKD CPNS di Rambang Semesta Ballroom, Palembang, Sabtu (19-10-2024). ANTARA/Yudi Abdullah

Palembang (ANTARA) - Ribuan pelamar calon pegawai negeri sipil (CPNS) Kanwil Kemenkumham Sumatera Selatan berkompetisi dalam seleksi kompetensi dasar (SKD) menggunakan sistem tes berbasis komputer (computer assisted test -CAT).

Seleksi kompetensi dasar CPNS 2024 Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Sumsel yang dijadwalkan berlangsung pada 19 Oktober - 1 November 2024, dibuka Kepala Divisi Pemasyarakatan Kanwil Kemenkumham Sumsel Mulyadi, di Palembang, Sabtu.

Ribuan peserta memadati lokasi ujian, yang bertempat di Rambang Semesta Ballroom, Jalan Mayor Ruslan, Kecamatan Ilir Timur I Palembang.

Mulyadi, selaku Koordinator SKD itu menjelaskan bahwa dalam kegiatan tersebut tercatat 22.069 pelamar CPNS yang berhak ikut SKD, setelah dinyatakan lolos dalam tahap seleksi administrasi.

“Saya mengucapkan selamat kepada peserta mengikuti ujian dan berjuanglah dengan kemampuan diri sendiri untuk mendapatkan skor tertinggi," ujarnya.

Mulyadi juga menegaskan kepada seluruh peserta untuk tidak percaya dengan oknum manapun yang menjanjikan kelulusan.

"Kami pastikan penyelenggaraan tes SKD ini transparan bagi seluruh peserta. Serangkaian prosedur dan alur pelaksanaan tes juga sudah disiapkan dan melibatkan panitia pusat serta BKN, guna mencegah praktik kecurangan,” jelasnya.

Sementara Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkumham Sumsel selaku Ketua Tim Pelaksana, Rahmi Widhiyanti mengingatkan agar peserta tetap fokus dan tidak memperhatikan peserta lain saat mengerjakan soal.

Tiap sesi SKD dibagi untuk 435 peserta. Sesi pertama, diikuti sebanyak 410 peserta, sesi kedua 402 peserta dan sesi terakhir 385 peserta.

Adapun yang tidak hadir pada hari pertama ini sejumlah 108 orang.

Untuk peraih skor tertinggi sementara di hari pertama yakni 447, dari pelamar formasi pranata komputer.

Selama pelaksanaan tes, peserta diimbau datang 90 menit sebelum ujian dimulai, untuk melakukan registrasi, pengecekan badan dan pemberian PIN, karena dari pemantauan di lokasi pada hari pertama ini, masih ada beberapa yang datang terlambat, kata Rahmi.