Bawaslu OKU lantik 39 anggota panwaslu kecamatan

id Pelantikan panwaslu kecamatan, anggota panwaslu, Bawaslu OKU, Pemilu 2024

Bawaslu OKU lantik 39 anggota panwaslu kecamatan

Ketua Bawaslu OKU, Dewantara Jaya saat mengambil sumpah jabatan 39 panwaslu kecamatan di Baturaja, Jumat. (ANTARA/Edo Purmana/22)

Baturaja (ANTARA) - Ketua Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, Dewantara Jaya melantik sebanyak 39 orang anggota panitia pengawas pemilihan umum kecamatan yang dinyatakan lolos tahap seleksi administrasi, CAT dan wawancara yang digelar beberapa waktu lalu.

"39 orang panitia pengawas pemilihan umum (Panwaslu) kecamatan yang dilantik hari ini merupakan peserta yang lolos dalam tahap seleksi pada pekan lalu," kata Ketua Bawaslu kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Dewantara Jaya di Baturaja, Jumat.

Pada tahap seleksi terakhir yaitu tes wawancara diikuti sebanyak 78 orang peserta dan dinyatakan lulus dalam test tertulis menggunakan sistem Computer Assisted Test (CAT) yang sudah dirangking oleh Bawaslu Sumatera Selatan (Sumsel).

"Dalam tahap seleksi dilakukan sistem gugur dan diambil enam orang untuk seleksi wawancara. Hasilnya yang lolos tiga orang untuk setiap kecamatan," katanya.

Setelah pelantikan ini, Dewantara berpesan agar anggota panwaslu kecamatan yang terpilih melakukan koordinasi dengan seluruh unsur terkait mulai dari camat, kapolsek, danramil, kepala desa dan tokoh masyarakat di wilayah masing-masing menjelang Pemilu 2024.

"Mata dan kaki kita ini adalah masyarakat, jadi lakukan koordinasi secepatnya, dan tetap jaga solidaritas," tegasnya.

Dalam kesempatan itu, Pejabat Bupati OKU Teddy Meilwansyah menambahkan anggota panwaslu kecamatan yang dilantik ini merupakan orang-orang pilihan yang telah melalui seleksi sangat selektif sehingga diharapkan dapat bekerja secara profesional.

"Saya ucapkan selamat menjadi anggota panwaslu kecamatan. Jadilah pengawas yang profesional karena akan banyak dinamika di lapangan saat pemilu nanti," katanya.

Teddy meminta anggota panwaslu kecamatan yang baru dilantik ini untuk memahami aturan karena setiap tahun pasti ada perubahan aturan yang baru terkait pemilu.