Pekerja tewas diterkam harimau di Indragiri Hilir

id Tewas diterkam harimau, kamera jebak harimau, harimau di Riau

Pekerja tewas diterkam harimau di Indragiri Hilir

Seekor harimau sumatra (Panthera tigris sumatrae) yang tampak di areal perkebunan warga di Kecamatan Batang Cenaku, Kabupaten Indragiri Hulu (Inhu). ANTARA/Tangkapan layar

Pekanbaru, (ANTARA) - Balai Besar Konservasi dan Sumber Daya Alam (BBKSDA) Provinsi Riau memasang kamera jebak di sejumlah lokasi seorang pekerja tewas diterkam harimau sumatra di Desa Tanjung Simpang, Kecamatan Pelangiran, Kabupaten Indragiri Hilir.

Kepala BBKSDA Riau, Genman Hasibuan, Sabtu, mengatakan terhadap kejadian interaksi negatif tersebut pihaknya melakukan beberapa hal. Pihaknya bersama PT SPA, perusahaan yang pekerjanya tewas, telah melakukan pengecekan lapangan untuk melakukan identifikasi.
 
"Kami melakukan pemasangan kamera jebak dan melakukan upaya mitigasi lanjutan serta upaya sosialisasi dan edukasi terhadap para pekerja di lapangan," katanya.
 
BBKSDA Riau, lanjutnya, juga telah memberikan arahan dan imbauan kepada pihak perusahaan agar menerapkan standar prosedur operasional mitigasi interaksi negatif harimau secara ketat.

Sebagai informasi, lokasi kejadian berada di habitat harimau sumatra dengan populasi yang cukup besar. "Namun begitu secara legalitas memang lokasi tersebut bisa ditanami oleh pemilik konsesi," ucapnya.