Palembang aktifkan kembali tradisi lomba Perahu Bidar

id Lomba Perahu Bidar Tradisional Palembang,Bidar Palembang,Perahu Bidar,Sungai Musi,Dinas Pariwisata Palembang,Sulaiman Am

Palembang aktifkan kembali tradisi lomba Perahu Bidar

Beberapa perahu hias milik peserta lomba HUT Kemerdekaan RI ke-77 tahun diparkirkan di tepian Sungai Musi di Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumatera Selatan, Jumat (19/8/2022) (ANTARA/M Riezko Bima Elko P)

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Kota Palembang, Sumatera Selatan mengaktifkan kembali tradisi perlombaan Perahu Bidar Tradisional Agustusan di Sungai Musi setelah vakum dua tahun terakhir karena terdampak pandemi COVID-19.

Kepala Dinas Pariwisata Palembang Sulaiman Amin dikonfirmasi di Palembang, Jumat mengatakan, perlombaan Perahu Bidar Tradisional Agustusan tersebut merupakan tradisi yang ada di wilayah itu untuk merayakan HUT Kemerdekaan RI setiap tahunnya.

Namun, kata dia, karena Pemerintah Kota Palembang terpaksa melakukan refocusing anggaran ke sektor kesehatan untuk memitigasi penyebaran COVID-19, tradisi tersebut tertunda selama dua tahun.

“Alhamdulilah dengan adanya dukungan dari Gubernur Sumatera Selatan dan BUMD/BUMN terkait lainnya, perlombaan perahu bidar bisa diaktifkan kembali,” kata dia.

Ia menjelaskan, pada momentum HUT Ke-77 Kemerdekaan RI tahun ini, tradisi perlombaan Perahu Bidar Tradisional itu siap digelar pada Sabtu (20/8) - Minggu (21/8) pagi hingga petang.

Dinas Pariwisata Kota Palembang mencatat sedikitnya sudah ada sembilan tim atau sekitar 198 orang peserta yang mengkonfirmasi untuk berpartisipasi dalam perlombaan tersebut.

Menurut dia, para peserta akan beradu kecepatan mendayung perahu atau biduk berukuran panjang sekitar 29 meter, mereka melaju sejauh sekitar 3-4 kilometer, dimulai dari Pelabuhan 35 Ilir (Musi VI) dan berakhir di Benteng Kuto Besak (BKB).

“Untuk diketahui perlombaan pertama ini kepanitiaan pelaksanaannya ialah masyarakat, kami (pemerintah) hanya mengarahkan,” kata dia.

Tujuan utama dari perlombaan Bidar Tradisional itu ialah, kata dia, untuk melestarikan tradisi masyarakat Palembang jangan sampai punah karena tidak diketahui para generasi saat ini, sebab perahu bidar telah membudaya sejak zaman Kerajaan Sriwijaya.

Sulaiman menyampaikan, dalam perlombaan tersebut juga diselenggarakan lomba parade perahu hias dengan jumlah perahu peserta sebanyak 36 unit, parade ini melintasi rute yang sama dengan perahu bidar.

“Beserta hiburan musik menghadirkan artis ternama Ibu Kota di antaranya Irma Darmawangsa dan Glow Rossa pada acara yang akan dibuka langsung oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo dan Gubernur Herman Deru Sabtu besok,” ucapnya.