Keren, botol plastik bekas disulap jadi perahu

id pembuatan perahu motor, botol plastik bekas, UPS Badan Air, Dinas LH DKI Jakarta

Keren, botol plastik bekas disulap jadi perahu

Petugas Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Kecamatan Duren Sawit tengah uji coba perahu motor yang dirakitnya dengan menggunakan 1.000 botol plastik bekas di Kanal Banjir Timur (KBT) Duren Sawit, Jakarta Timur, Rabu (6/3/2024). ANTARA/Syaiful Hakim

Jakarta (ANTARA) -
Petugas Unit Penanganan Sampah (UPS) Badan Air Kecamatan Duren Sawit, Jakarta Timur, menyulap botol plastik air mineral bekas menjadi perahu motor.
 
Inovasi itu merupakan pertama yang dibuat UPS Badan Air Kecamatan Duren Sawit untuk wilayah DKI Jakarta yang secara struktur organisasi berada di bawah Dinas Lingkungan Hidup DKI Jakarta.
 
"Hingga saat ini, kami sudah membuat dua unit perahu dari botol plastik bekas," kata petugas UPS Badan Air Kecamatan Duren Sawit. Indra Sianturi di kawasan Kanal Banjir Timur (KBT), Duren Sawit, Jaktim, Rabu.
 
Menurut dia ada dua jenis perahu yang dibuatnya, yakni perahu yang sudah diwarnai merah dan hijau dengan panjang 4 meter dan lebar 1,75 meter. Satu perahu lagi, berukuran panjang 4 meter dan lebar 2 meter, namun belum di cat.
 
Untuk merakit satu buah perahu, lanjut Indra, pihaknya menghabiskan waktu hingga dua pekan.