Tips pilih "storage" digital tepat sesuai kebutuhan

id Western Digital, flash drive, SSD, flashdisk, memori eksternal, pilihan memori eksternal

Tips pilih "storage" digital tepat sesuai  kebutuhan

Ilustrasi memori penyimpanan eksternal makin dibutuhkan untuk penuhi kebutuhan penyimpanan data digital. (ANTARA/HO/Western Digital)

Jakarta (ANTARA) - Kegiatan di 2021 masih berkutat dengan kegiatan hybrid dan juga memastikan kita untuk terus terhubung dengan teknologi dan ruang digital.

Salah satu kebutuhan yang meningkat adalah tempat penyimpanan digital karena setiap harinya ada banyak file- file berukuran besar yang harus dijaga dengan baik.

Menurut laporan Rise Above Research pada 2021 saja, jumlah file foto ada sebanyak 7,88 triliun yang harus disimpan secara digital, angka itu meningkat 13,3 persen dari 2020.
 

Pada 2023 angka itu diperkirakan meningkat hingga 1,61 triliun dengan 90 persen berasal dari hasil jepretan smartphone.

Dengan tingginya kebutuhan penyimpanan digital, maka diperlukan tips untuk Anda bisa menemukan penyimpanan terbaik agar data-datamu tetap aman.

Mengutip siaran pers Western Digital Company (WDC), Jumat, berikut beberapa pilihan penyimpanan digital digolongkan dari berbagai kebutuhan.

Pekerja kreatif

Pekerja kreatif seperti fotografer, videographer, film maker, desainer grafis, hingga ilustrator sudah pasti membutuhkan tempat penyimpanan yang besar namun cepat diakses.

Karena itu para pekerja kreatif membutuhkan drive portabel SSD (solid state drive) sehingga dapat mempercepat alur pekerjaan mereka memindahkan data dari satu PC ke PC lainnya.

Dari produk WD, pekerja kreatif disarankan untuk dapat menggunakan SanDisk Extreme PRO Portable SS.

Flash drive internal juga bisa menjadi solusi seperti besutan teranyar WD yaitu WD Blue SN570 NVMe SSD yang dijanjikan bisa meningkatkan performa atau mengoptimalkan rakitan PC dalam mengolah data berukuran besar.

Pembuat konten di smartphone

Saat ini rasanya membuat konten kreatif untuk media sosial di ponsel pintar sangatlah lumrah. Mulai dari membuat foto hingga video estetik semua tinggal dilakukan lewat genggaman tangan.

Tentu meski ponsel pintar anda canggih, namun terkadang masalah memori menjadi salah satu kendala dan menyebabkan HP anda cepat panas.

Untuk itu para pembuat konten butuh memori tambahan untuk menghindari masalah penuhnya memori internal dan melambatnya performa ponsel.

Pilihlah memori penyimpanan yang memiliki konektor yang kompatibel dengan ponsel anda. Misalnya untuk pengguna Android anda bisa memilih penyimpanan dengan konektor Type-C.

Lalu untuk pengguna iPhone bisa mencari alat penyimpanan dengan konektor lightning. WD menawarkan dua pilihan penyimpanan yang bisa dipilih.

Untuk pengguna Android anda bisa memilih SanDisk Ultra Dual Drive Luxe dan SanDisk iXpand Flash Drive Luxe untuk pengguna iPhone.

Gamer

Salah satu kegiatan yang meningkat selama pandemi adalah bermain gim, menjadikan gamers tak hanya secara global tapi juga di Indonesia mengalami peningkatan.

Pada Januari 2021 tercatat ada 46 persen peningkatan pemain gim baru di Indonesia akibat pandemi.

Memori juga menjadi salah satu hal krusial saat bermain gim tidak hanya di HP tapi juga di konsol hingga PC.

Untuk itu ada baiknya untuk para gamer mobile dapat memilih ponsel yang memiliki ruang khusus untuk tambahan eksternal memori. Pastikan microSD yang anda pilih pun memiliki kecepatan yang mumpuni.

Sementara untuk para pemain gim di konsol dan PC dapat memilih memori penyimpanan SSD yang memiliki kecepatan membaca data dengan cepat.

WD bahkan memiliki lini produk khusus bernama WD_BLACK yang sengaja didesain untuk memenuhi kebutuhan para gamers khususnya dalam hal kebutuhan pemindahan data yang sangat cepat.

Pekerja Profesional

Untuk para pekerja profesional, kegiatan work from home dan pekerjaan memantau dari jarak jauh sudah menjadi hal yang lumrah akibat pandemi. Hal ini membuat gaya kerja menjadi lebih fleksibel sehingga bisa bekerja di mana saja termasuk sambal melakukan workcation.

Untuk mendukung hal tersebut, diperlukan perangkat penyimpanan eksternal yang mudah dalam mentransfer file dari perangkat kantor ke personal.

Misalnya seperti WD My Passport SSD dapat menjadi solusi yang tepat untuk menyimpan, mengakses, dan melindungi file pekerjaan. Storage eksternal ini memiliki kecepatan baca yang mumpuni hingga 1.050MB/detik dan kecepatan tulis hingga 1.000MB/detik, teknologi NVMe, serta enkripsi dan fitur kata sandi untuk keamanan tambahan.
 

Generasi Z

Hasil Sensus Penduduk Nasional 2020 menunjukkan Generasi Z kini tengah mendominasi masyarakat di Indonesia.

Tercatat, jumlah populasi Gen Z mencapai 74,93 juta orang dan meliputi 27,94 persen dari total penduduk Indonesia. Generasi ini dikenal sebagai generasi digital dan hiper konektivitas, yang menghabiskan sepertiga hari (enam jam atau lebih) di ponsel mereka.

Untuk menunjang kebutuhan Gen-Z, Western Digital menghadirkan WD Elements SE SSD yang hanya seukuran saku, dan SanDisk Ultra Dual Drive Go (USB On-the-Go) agar mereka dapat mengakses dan melakukan transfer data dengan cepat dan mudah. Dengan dukungan kedua produk ini, para generasi muda bisa lebih bebas berkarya, baik ketika mengerjakan tugas sekolah/kuliah, ataupun membuat konten sehari-hari.