Pemprov Sumsel salurkan bantuan beras ke tiga kecamatan Palembang

id pemprov sumsel,sumsel,sumatera selatan,bantuan beras,covid-19

Pemprov Sumsel salurkan bantuan beras ke tiga  kecamatan Palembang

Gubernur Sumsel Herman Deru. ANTARA/HO-Pemprov Sumsel

Palembang (ANTARA) - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menyalurkan bantuan beras ke tiga kecamatan di Palembang untuk dibagikan ke warga yang terdampak ekonomi akibat pandemi COVID-19.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Palembang, Rabu, mengatakan, bantuan beras yang diberikan sebanyak 46,6 ton beras untuk masyarakat di tiga kecamatan kawasan Seberang Ulu Palembang.

Penyaluran bantuan beras untuk masyarakat di tiga kecamatan seperti Kecamatan Seberang Ulu 1, Kecamatan Kertapati dan Kecamatan Jakabaring tersebut dilakukan melalui Lembaga Sosial Masyarakat Paguyuban Nusantara Sumsel Bersatu (PNSB).

Bantuan tersebut diberikan sebagai bentuk dukungan semangat dari pemerintah kepada masyarakat agar tetap bangkit di tengah pandemi COVID-19

"Bantuan ini bukan berarti merendahkan, tapi ini bentuk kepedulian pemerintah kepada masyarakat. Bantuan ini memang tidak mencukupi, namun minimal bisa meringankan beban masyarakat," kata Herman Deru.

Di masa pandemi COVID-19, bantuan semacam ini sangat diperlukan masyarakat, apalagi dampak dari pandemi sempat melumpuhkan berbagai sektor kehidupan.

Sebab itu, kami menggandeng PNSB untuk bersama-sama memberikan perhatian ini kepada masyarakat. Pemerintah ini akan selalu hadir di tengah-tengah masyarakat agar masyarakat sejahtera, kata dia.

Bahkan, baru-baru ini Sumsel juga mencanangkan Mandiri Pangan yang dimaksudkan agar masyarakat dapat mandiri dalam memperoleh bahan pokok makanan sehingga dapat menekan biaya hidup.

"Kami menginginkan agar masyarakat mandiri dalam hal konsumsi. Artinya masyarakat bisa memanfaatkan lahan perkarangannya untuk menanam tanaman yang biasa dikonsumsi. Untuk bibitnya, tentu akan kami bantu," katanya.

Gubernur mencanangkan program tersebut lantaran ia menilai ukuran kesejahteraan masyarakat bukan tergantung dari berapa tinggi penghasilan, tapi tergantung dari mahal atau murahnya biaya hidup.

Untuk itu saya mengajak Ketua RT dan RW, termasuk PNSB terlibat aktif untuk mengedukasi masyarakat sehingga biaya hidup masyarakat dapat semakin murah melalui upaya kecil ini, kata dia.

Sementara itu, Ketua Umum DPP PNSB Syahrial Oesman mengatakan, bantuan yang diberikan tersebut merupakan bukti perhatian Pemprov Sumsel kepada masyarakat.

"Ini bukti jika Pemprov Sumsel terus berupaya untuk kesejahteraan masyarakat. Pemerintah memang selalu hadir di setiap kondisi apapun," kata mantan Gubernur Sumsel periode 2003-2008 tersebut.

Ia menjamin, jika bantuan tersebut akan segera diberikan untuk masyarakat.

"Kami pastikan bantuan ini tepat sasaran. Mudah-mudahan ini dapat bermanfaat. PNSB juga akan terus berkolaborasi dengan pemerintah untuk kesejahteraan masyarakat," katanya.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2021