Polres OKU kawal pendistribusian vaksin COVID-19 dari Palembang

id Pendistribusian vaksin, vaksin Sinovac, Dinas Kesehatan Sumsel, Gudang Farmasi, Ogan Komering Ulu, Polres OKU

Polres OKU kawal pendistribusian  vaksin COVID-19 dari Palembang

Personel Polres OKU kawal vaksin dari Kota Palembang, Jumat (23/7/2021). (ANTARA/Humas Pores OKU)

Baturaja (ANTARA) - Tim gabungan Polres Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, bersama Kodim 0403 melakukan penjemputan dan pengawalan pendistribusian vaksin COVID-19 dari Kota Palembang ke Kabupaten OKU guna memastikan diterima dalam keadaan baik.

"Penjemputan vaksin pada Jumat (23/7) kemarin dilakukan agar vaksin bisa segera digunakan masyarakat Kabupaten OKU," kata Kapolres Ogan Komering Ulu (OKU), AKBP Arif Hidayat Ritonga didampingi Kasi Humas AKP Mardi Nursal di Baturaja, Sabtu.

Dalam kegiatan tersebut Polres OKU mengutus empat orang personel dibantu dua anggota TNI Kodim setempat untuk mengambil vaksin COVID-19 di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan Provinsi Sumsel di Palembang.

Dalam serah terima vaksin COVID-19 dari Dinas Kesehatan Sumsel tersebut Polres OKU menerima Sinovac sebanyak 50 vial, 140 vial Kodim dan 570 vial untuk Dinas Kesehatan Kabupaten OKU.

"Untuk safety box vaksin COVID-19 dibawa melalui jalur darat menggunakan kendaraan dinas dengan pengawalan ketat," tegasnya.

Ratusan vial vaksin Sinovac ini langsung dibawa ke Kabupaten OKU untuk disimpan di Gudang Farmasi Dinas Kesehatan setempat sebelum didistribusikan ke seluruh tempat pelayanan vaksinasi di wilayah itu.

Setiba di OKU vaksin tersebut langsung disimpan di Gudang Farmasi dengan suhu yang telah ditentukan oleh pihak logistik.

"Sekitar pukul 18.45 WIB kemarin vaksin sudah berada di Gudang Farmasi," kata dia.

Selama disimpan di ruang penyimpanan pihaknya akan menyiagakan personel untuk berjaga 24 jam guna memastikan vaksin tersimpan aman di Gudang Farmasi.

"Personel berjaga sampai pendistribusian vaksin dilakukan ke 13 kecamatan di Kabupaten OKU," tegasnya.