Presiden Jokowi beli sapi kurban hasil budidaya warga Palembang

id jokowi,presiden joko widodo,presiden jokowi,hewan kurban,idul adha

Presiden Jokowi beli sapi kurban hasil budidaya warga Palembang

Sapi yang dibeli Presiden Jokowi untuk dijadikan hewan kurban di peternakan di Jalan Pangeran Ayin, kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sako, Kota Palembang. (ANTARA/M Riezko Bima EP/21)

Palembang (ANTARA) - Presiden Joko Widodo (Jokowi) membeli sapi jenis Simmental Pegon untuk dijadikan hewan kurban pada Idul Adha 1442 Hijriah yang merupakan hasil budidaya warga Palembang.

Sapi tersebut merupakan hasil perkawinan silang antara sapi lokal Madura, Jawa Timur dan sapi Swiss Fleckvieh dari  Swiss yang dibeli senilai Rp95 juta dari peternakan di Jalan Pangeran Ayin, kelurahan Suka Maju, Kecamatan Sako, Kota Palembang.

Pemilik peternakan Waladun Soleh Joko Gitoyo (42) di Palembang, Senin, mengatakan, sapi miliknya tersebut bibit dari hasil budidaya peternakan di Kabupaten Banyuasin, Sumatera Selatan, yang mempunyai bobot seberat 1,2 ton.

"Dibeli saat usia dua tahun dan laku terjual saat usia 5 tahun," kata dia.

Sapi miliknya tersebut terpilih menjadi sapi kurban Presiden Jokowi setelah melalui proses seleksi yang diadakan oleh Dinas Peternakan Sumatera Selatan.

Dari hasil pemeriksaan, sapi dalam keadaan sehat dan layak kurban sesuai syarat kurban karena mendapatkan perawatan khusus dan bahan pakan yang bermutu.

Bahan pakannya berupa campuran dari kulit ubi, ampas tahu, kosentrat, dan rumput.

Selanjutnya sapi akan diantarkan ke petugas pemotongan hewan Masjid Agung Sultan Mahmud Badaruddin II.

Petugas Pemotongan hewan kurban akan melakukan pemotongan sapi pada Selasa (20/7) malam pada hari raya Idul Adha 1442 Hijriyah.