BTN catatkan pertumbuhan KPR semester I mencapai 221 persen

id btn,kredit rumah,ojk,harga rumah,bank perumahan,berita sumsel, berita palembang, antara palembang

BTN catatkan pertumbuhan KPR semester I mencapai 221 persen

Kantor Bank Tabungan Negara (BTN) Cabang Jambi (ANTARA/TUYANI)

Jambi (ANTARA) - PT Bank Tabungan Negara (BTN) Persero Cabang Jambi mencatatkan pertumbuhan kredit perumahan pada semester I-2021 naik sebesar 221 persen atau senilai Rp175 miliar dengan jumlah unit sebanyak 1.264 unit rumah dibandingkan semester I 2020.

Branch Manager BTN Cabang Jambi, Aries Tuti, di Jambi, Kamis mengatakan, total besaran kredit perumahan yang sudah disalurkan BTN Cabang Jambi pada Januari hingga Juni 2021 sebesar Rp211 miliar dari target penyaluran selama 2021 sebesar Rp316 miliar.

"Dengan demikian pertumbuhannya meningkat dibandingkan periode yang sama tahun 2020," kata Aries Tuti.

Hingga kini BTN juga masih menjalankan program restrukturisasi kredit. Besaran nilai kredit yang direstrukturisasi dikatakannya tidak ada batasan minimal atau maksimal sepanjang memenuhi ketentuan yang ditetapkan OJK.

Terkait adanya pemberlakuan PPKM kembali di Provinsi Jambi belum terlihat adanya pengaruh penyaluran kredit akibat PPKM tersebut sebab PPKM baru dimulai pada Juli sementara realisasi bulan Juli adalah KPR yang sudah keluar persetujuan pada Juni atau Mei 2021 lalu.

"Terkait pemberlakuan PPKM dan dampaknya kepada masyarakat atau nasabah BTN Jambi belum terlihat karena masih baru. Namun demikian kehadiran restrukturisasi kredit untuk menekan angka kredit bermasalah kepada debitur yang mengalami penurunan kemampuan karena terdampak COVID-19," kata Aries Tuti.