Bulog maksimalkan pengadaan beras menjelang akhir tahun

id Bulog,Beras,Panen,beras bulog, pengadaan beras bulog, beras sumsel, petani beras sumsel

Bulog maksimalkan pengadaan beras menjelang  akhir tahun

Kepala Dinas Perdagangan Sumsel Iwan Gunawan dan Pinwil Bulog Sumsel Babel Ali Ahmad Najih Amsari (kanan) memaparkan kondisi stok beras di Palembang, Selasa (5/11/2019). (ANTARA/Dolly Rosana/19)

Palembang (ANTARA) - Perusahaan Umum Badan Urusan Logistik Provinsi Sumatera Selatan dan Bangka Belitung memaksimalkan pengadaan beras menjelang akhir tahun 2019 untuk mencapai target tahunan.

Pimpinan Wilayah Bulog Sumsel Babel, Ali Ahmad Najih Amsari di Palembang, Sabtu, mengatakan, penyerapan beras ini akan dimaksimalkan di beberapa kabupaten lumbung pangan Sumsel, di antaranya Ogan Komering Ulu Timur, Banyuasin, Ogan Komering Ulu, dan Ogan Komering Ilir.

"Hingga saat ini penyerapan beras baru mencapai 49.000 ton dari targetnya 70 ribu ton. Meski masih cukup jauh, kami optimistis bisa menutup target yang dibebankan pemerintah karena masih ada dua bulan lagi," kata dia.

Ali mengatakan, Bulog saat ini fokus pada pembelian beras petani dengan harga di atas HPP. Hal itu dikarenakan, Bulog membeli beras untuk kepentingan komersial.

“Kami lakukan pengadaan beras untuk premium, jadi kami beli lebih tinggi dari HPP. Kita pun jual dengan harga beras premium," kata dia.

Sementara itu, terkait stok beras, Bulog Sumsel Babel memastikan bakal mencukupi hingga 10 bulan ke depan karena telah tersedia sekitar 50.000 ton.

“Kita terus lakukan operasi pasar, dan penyaluran BNPT. Sehingga stok yang ada dimanfaatkan untuk masyarakat. Bahkan beras untuk ASN di lingkungan Pemprov Sumsel juga terus digencarkan," kata dia.

Kepala Dinas Perdagangan Provinsi Sumsel Iwan Gunawan mengatakan, pemerintah memastikan stok kebutuhan pokok di Sumsel tersedia terutama saat momen-momen hari besar keagamaan.

"Untuk stok beras, sudah kami koordinasikan dan hasilnya aman. Stok tersedia, masyarakat tidak usah khawatir, juga soal harganya. Dari pantauan tim kami di lapangan, harga beras di pasaran masih di bawah HET," kata dia.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar