Usai dilantik, Ma'ruf Amin pulang ke kediaman Jalan Situbondo

id Wakil Presiden Ma'ruf Amin,pelantikan presiden, jokowi-ma'ruf

Usai dilantik, Ma'ruf Amin pulang ke kediaman Jalan Situbondo

Rombongan Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin tiba di kediaman di Jalan Situbondo Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, Minggu (20/10/2019) (ANTARA News/Fathur Rochman)

Jakarta (ANTARA) - Wakil Presiden KH Ma'ruf Amin kembali ke kediamannya di Jalan Situbondo Nomor 16, Menteng, Jakarta Pusat, usai menjalani prosesi pelantikan sebagai Wakil Presiden terpilih 2019-2024 di Gedung DPR/MPR/DPD RI, Senayan, Jakarta, Minggu.

"Ya bapak baru tiba, tapi tidak tahu lagi ke mana setelah ini," ujar salah seorang Petugas Pengamanan Presiden (Paspampres) yang berjaga.

Berdasarkan pantauan, Ma'ruf beserta rombongan tiba di kediaman sekitar pukul 18.15 WIB. Kedatangan Ketua Umum Majelis Ulama Indonesia (MUI) nonaktif itu nisbi tidak mengundang perhatian masyarakat sekitar.



Tidak terdengar adanya suara sirine yang dinyalakan oleh petugas pengawal dari sepeda motor voorijder maupun mobil patwal. Rombongan Paspampres juga nampak tertib melintas di sepanjang Jalan Banyuwangi hingga tiba di Jalan Situbondo.

Ma'ruf Amin diperkirakan beristirahat sejenak di kediamannya. Pada pukul 19.30 WIB dia diagendakan menuju Istana Wakil Presiden untuk menerima kunjungan kehormatan dari sejumlah perwakilan negara sahabat

Berdasarkan agenda resmi wapres, kunjungan kehormatan pertama yang akan diterima Ma’ruf Amin adalah Wapres China Wang Qishan pada pukul 19.30 WIB. Selanjutnya, Ma’ruf Amin dijadwalkan menerima kunjungan kehormatan Wapres Vietnam Dang Thi Ngoc Thinh pukul 19.55 WIB.

Agenda terakhir pada Minggu, Ma’ruf akan menerima kunjungan kehormatan dari Wapres Myanmar Henry Van Thio pukul 20.20 WIB.

Pada hari kerja pertama sebagai wapres, Ma’ruf Amin akan melakukan kunjungan kerja ke Tokyo, Jepang, Senin (21/10), untuk mewakili Presiden Joko Widodo dalam menghadiri acara Penobatan Kaisar Jepang Naruhito. Ma’ruf Amin dijadwalkan kembali lagi ke Jakarta pada Selasa (22/10).

Ma’ruf Amin merupakan wakil presiden RI Ke-12 yang akan menjabat selama periode 2019-2024 mendampingi Presiden Joko Widodo.