Putra daerah Musi Banyuasin ikuti program kuliah gratis ke luar negeri

id musi banyuasin,muba,pendidikan,universitas,beasiswa

Putra daerah  Musi Banyuasin ikuti  program kuliah gratis ke luar negeri

Bupati Musi Banyuasin Dodi Reza Alex menyambangi putra/putri daerah Musi Banyuasin yang menerima beasiswa Sampoerna Foundation di Jakarta, Minggu (14/9/2019). (ANTARA/HO/19)

Sekayu (ANTARA) - Sebanyak enam putra/putri asli daerah Musi Banyuasin, Sumatera Selatan dikirim pemerintah kabupaten setempat mengikuti Program Kuliah Gratis untuk meraih gelar strata I hingga strata II ke luar negeri.

Bupati Musi Banyuasin, Dodi Reza di Sekayu, Minggu, mengatakan, keenam putra/putri asli Musi Banyuasin itu telah menjalani program perkuliahan selama tiga minggu di Sampoerna University, Jakarta.

“Saya sudah melihat sendiri bagaimana keadaan mereka di Jakarta, dan saya senang karena semuanya sangat semangat untuk mencapai cita-citanya,” tambah Dodi.

Ia mengemukakan, Program Kuliah Gratis bertujuan menyiapkan Sumber Daya Manusia yang andal dan mampu bersaing.

Seperti diketahui, kabupaten ini memiliki Sumber Daya Alam yang berlimpah mulai dari perkebunan karet dan sawit, minyak dan gas, hingga batubara.

“Selama ini tenaga-tenaga ahli yang bekerja di perusahaan-perusahaan migas di Muba itu berasal dari luar. Tentunya, kami ingin nantinya diisi oleh putra daerah sendiri,” lanjut dia.

Untuk itu, Musi Banyuasin bekerja sama dengan Sampoerna Foundation untuk memberikan beasiswa ke siswa-siswi terbaik berupa pendidikan strata I hingga strata II bidang studi komputer, mesin, akuntansi, dan pendidikan.

“Kabupaten Musi Banyuasin sudah mengalokasikan dana dari APBN untuk mengirimkan mereka ini berkuliah S2 ke Universitas Arizona, Amerika Serikat,” kata Dodi.

Enam penerima Program Kuliah Gratis itu Sesi Anggraini dan Muhammad Ridho Zamzami (SMUN 2 Unggul Sekayu) yang lolos program Ilmu Komputer, Nadia Farahdilla Amalia dan Vira Guspa (SMUN 2 Unggul Sekayu) masing-masing program Akutansi dan Teknik Industri. Dua mahasiswa lainnya adalah asal SMU 1 Sekayu yakni, Safitri dan Nadila Nindyta yang memilih program studi Ilmu Komputer dan Pendidikan Bahasa Inggris.

Sementara itu, Kepala Disdikbud Kabupaten Musi Banyuasin, Musni Wijaya mengatakan dengan adanya beasiswa kerja sama Pemkab Muba dengan SPF ini menjadi peluang bagi anak-anak cerdas untuk berkuliah di luar negeri di Arizona University selama empat tahun.

Ini juga bukti nyata komitmen pemerintah kabupaten dalam meningkatkan kualitas pendidikan, mengingat telah mengalokasikan anggaran APBD sebesar 20 persen untuk sektor pendidikan.

“SDM asal Musi Banyuasin harus mampu bersaing di level nasional hingga internaional agar bisa membangun Musi Banyuasin di masa datang,” ujar dia.

 
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar