Panglima: Desersi-narkoba masih dilakukan prajurit TNI

id Hadi Tjahjanto,Panglima TNI Marsekal TNI,prajurit TNI,Irjen TNI Letjen TNI Herindra,berita sumsel, berita palembang, antara sumsel, antara palembang

Panglima: Desersi-narkoba masih dilakukan prajurit TNI

Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. (ANTARA News Sumsel/Nova Wahyudi/dol)

Jakarta (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto, menyebutkan kasus desersi, penyalahgunaan narkoba dan asusila masih terjadi di kalangan prajurit TNI.

"Dalam penegakan hukum di lingkungan TNI, terdapat beberapa kasus yang menonjol, di antaranya desersi, narkotika, dan asusila sehingga dibutuhkan perhatian kita semua," kata Panglima TNI dalam sambutannya yang dibacakan oleh Irjen TNI Letjen TNI Herindra dalam Silaturahim Perwira Hukum TNI, di Mabes TNI Cilangkap, Jakarta Timur, Selasa.

Ia mengatakan, akar persoalan itu masih terus dicari, apakah bermula dari rekrutmen atau pembinaan.

Namun, panglima TNI menegaskan anggota yang kedapatan berbuat hal yang mencoreng nama TNI akan ditindak tegas secepatnya.

"Jangan ragu-ragu apabila ada kasus atau tidak pidana yang menyangkut kepentingan militer segera laporkan kepada pimpinan atau komandan satuan," ujarnya.

Dia juga meminta agar ada terobosan dalam peradilan militer seperti menjemput bola. Hal ini guna permasalahan di kalangan prajurit bisa cepat terselesaikan.

"Aparat penegak hukum di lingkungan harus sinergi dan mematuhi betul tugas dan tanggung jawab serta memperhatikan aspek kepentingan hukum, kepentingan umum dan kepentingan militer," tuturnya.