Kementerian perdagangan akan buka pasar ekspor baru

id Kementerian Perdagangan,pasar ekspor,eropa,ekspor eropa,Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita (kanan). (ANTARA FOTO/IORA SUMMIT/Widodo S. Jusuf)

Tangerang, Banten (ANTARA News Sumsel) - Kementerian Perdagangan (Kemendag) akan membuka pasar ekspor baru yakni di negara-negara yang belum memiliki perjanjian perdagangan dengan Indonesia.

"Kita buka pasar, arahan bapak Presiden Joko Widodo adalah membuka pasar (ekspor) baru," ujar Menteri Perdagangan, Enggartiasto Lukita, kepada wartawan di Tangerang, Senin (18/2).

Ia menjelaskan, pasar baru yang dimaksud adalah negara-negara yang belum memiliki perjanjian perdagangan dengan Indonesia.

"Ada 13 negara, di kawasan Afrika kemudian Asia Selatan, ada 13 negara daftarnya," ujar dia, di sela-sela acara pelepasan kontainer ke-250.000 PT Mayora Indah Tbk.

Dalam sambutannya Presiden Joko Widodo menekankan dua hal utama agar membuat perekenomian Indonesia menjadi sehat.

"Ada dua yang akan menjadikan (negara) kita ekonomi yang sehat. Pertama, investasi harus banyak dan kedua, ekspor harus besar," ujar dia.

Ia juga menyambut baik upaya PT Mayora Indah Tbk sebagai "brand" asli Indonesia yang disebutnya telah masuk ke 100 lebih negara lain.

Dalam arti produk tersebut masuk atau menembus ke pasar di negara lain. "Bukan kita dimasuki tapi kita memasuki (pasar)," katanya.
Pewarta :
Uploader: Aang Sabarudin
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar