IPC edukasi pentingnya pelabuhan ke mahasiswa Unsri

id pelindo,unsri,universitas sriwijaya,ipc,pelabuhan

IPC edukasi pentingnya pelabuhan ke mahasiswa Unsri

Direktur SDM dan Hukum Indonesian Port Corporation (IPC) / PT Pelindo II (persero) Rizal Ariansyah (tengah batik merah) bersama mahasiswa Unsri usai berbagi pengalaman seputar dunia pelabuhan, Rabu (14/11). (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Indonesian Port Corporation (IPC) atau PT Pelabuhan Indonesia II (Persero) mengedukasikan fungsi penting pelabuhan dan perkembangan maritim Indonesia di hadapan seribu mahasiswa Universitas Sriwijaya. 

"Mahasiswa merupakan bagian penting dsri keberlanjutan industri, khususnya pelabuhan, maka bagi kami sangat perlu mengedukasi mahasiswa mengenai seluk-beluk industri pelabuhan melalui program 'IPC Goes To Campus' agar mereka tertarik dan mau berkontribusi kedepannya," kata Direktur SDM dan Hukum Indonesian Port Corporation (IPC) / PT Pelindo II (persero) Rizal Ariansyah di Palembang, Rabu.

Menurutnya  mahasiswa sebagai generasi milenial  diharapkan dapat mengetahui fungsi strategis BUMN, khususnya pelabuhan dalam menggerakan roda perekonomian nasional yang punya peran penting menurunkan disparitas harga melalui penguatan jalur logistik laut serta diperkuat dengan insfrastruktur pelabuhan. 

Dia menjelaskan Indonesia memiliki banyak tantangan dari generasi ke generasi, khususnya bidang kelautan, sehingga sudah menjadi tanggung jawab semua komponen bangsa berkontribusi mendidik dan mencerdaskan generasi penerus agar lahir SDM handal. 

IPC sendiri komitmen merangkul serta mendorong potensi generasi penerus Indonesia, seperti program pendidikan lanjutan dan magang ke luar negeri untuk mengembangkan kemampuan berinovasi bagi karyawan IPC. 

Dia menerangkan, IPC 'Goes to campus' tidak hanya sebatas mengedukasi, lebih dari itu IPC berupaya memajukan pendidikan di Indonesia dan mempersiapkan 'pemimpin masa depan' sejak program tersebut di mulai lima tahun lalu. 

"Kalau sejak dini kami sudah edukasi ke mereka (mahasiswa), harapanya mahasiswa itu mau bergabung dan berkontribusi membangun industri pelabuhan indonesia lebih baik lagi," ujar Rizal Ariasnyah. 

Ia melanjutkan IPC sebagai operator pelabuhan terbesar di Indonesia dan salah satu terbaik di dunia saat ini memiliki 12 cabang pelabuhan serta 16 anak perusahaan, pasti membutuhkan SDM handal dan berkompeten dari kampus-kampus di Indonesia. 

Selain edukasi, IPC juga memberikan bantuan pendidikan kepada Universitas Sriwijaya (Unsri) sebesar Rp 50 juta dan bantuan sarana fasilitas pendidikan untuk menyulut optimisme kampus dalam melahirkan SDM berkompeten. 

"Terimakasih IPC sudah membantu Unsri, sebagai universitas  berbasis riset dan teknologi tentunya bantuan ini semakin mendorong cita-cita kami menjadi kampus kelas dunia dan melahirkan lulusan unggul, apalagi soal pelabuhan dan maritim, dulu disini pusat kerajaan Sriwijaya, kerajaan maritim terbesar di dunia," ungkap Rektor Unsri Anis Sagaff. 

Anis menambahkan bantuan IPC  akan didistribusikan ke 25 mahasiswa terpilih agar bisa menunjang perkuliahan mahasiswa tersebut dan diharapkan bisa berkontribusi setelah lulus.