LRT Palembang masuki tahapan penyelesaian akhir

id lrt palembang,Masudi Jauhari,Proyek LRT Palembang,Stasiun Asrama Haji, Rumah Sakit Umum Daerah,stasiun Garuda Dempo, Polrestabes,berita sumsel,berita

LRT Palembang masuki tahapan penyelesaian akhir

Gerbong Light Rail Transit (LRT) atau kereta api ringan melintas di rel zona jembatan ampera Palembang. ( ANTARA News Sumsel/Feny Selly)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Progres pembangunan Light Rail Trainset (LRT) Palembang, Sumatera Selatan memasuki tahap penyelesaian akhir setelah enam stasiun telah beroperasi saat Asian Games 2018 dan empat stasiun lagi siap dioperasikan.

Kepala Proyek LRT Palembang, Masudi Jauhari di Palembang, Rabu, mengatakan, empat stasiun yang telah siap dioperasikan itu, Stasiun Asrama Haji, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD), Dishub dan Punti Kayu. "Memang ada empat stasiun yang selesai dan sudah kami siapkan untuk operasional di bulan ini. Keempat stasiun itu sudah siap dioperasikan tergantung pihak operator saja," kata dia.

Dengan selesainya keempat stasiun itu, kata Masudi, artinya sudah ada total 10 stasiun yang siap dioperasikan. Bahkan enam stasiun sudah dioperasikan lebih awal saat perhelatan Asian Games.

Dari total keseluruhan 13 stasiun, hanya Stasiun Garuda Dempo, Polrestabes dan Demang Lebar Daun yang masih belum selesai. Ketiga stasiun ini terlambat karena terkendala pembebasan lahan saat akan dibangun tangga sebagai akses menuju stasiun.

"Tiga stasiun lagi paling lambat Oktober ini selesainya. Pembangunan ini memang tersendat karena lahan, tapi setidaknya kami bangun dulu di sebelahnya supaya bisa digunakan dan tidak semua stasiun memiliki akses tangga di kanan dan kiri, ada juga yang hanya satu," kata dia.

Humas KAI Divre III Kota Palembang Aida mengatakan jika semua stasiun yang selesai langsung digunakan pada bulan ini. Selaku operator, KAI kini tengah menunggu tiga stasiun lagi selesai. "Sudah dioperasikan semua stasiun yang selesai. Kami hanya menunggu tiga stasiun lagi  yang belum, untuk Stasiun Polresta mudah-mudahan selesai akhir bulan ini," kata Aida.

LRT Palembang sudah beroperasi saat perhelatan Asian Games lalu dari pukul 06.00-18.00 WIB. Sementara ini terdapat lima trainset LRT yang beroperasi dari total tujuh trainset di Depo Jakabaring.