PT KAI kembangkan inovasi transportasi publik

id pt kai,kai,kereta api, lrt,inovasi transportasi,transportasi publik,hut pt kai,beritra palembang, info sumsel

Antrean penumpang kereta layang ringan atau LRT Palembang (ANTARA News Sumsel/Evan/I016/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Memasuki usia ke-73 tahun, PT Kereta Api Indonesia (Persero) terus berkomitmen dalam memberikan pelayanan terbaik guna mewujudkan transportasi publik yang aman, nyaman dan terjangkau bagi masyarakat.

Dengan kian banyaknya inovasi dan terobosan yang dilakukan, maka diharapkan mampu meningkatkan mutu kualitas pelayanan yang diberikan bagi para pengguna jasa, kata Kepala Divisi Regional III Palembang PT KAI Hendy Helmy, Sabtu.

PT KAI selain sebagai operator kereta api yang ada saat ini, juga kepada PT KAI Divisi Regional III Palembang diberikan penugasan oleh pemerintah menjadi operator kereta layang ringan atau "Light Rail Trainsit/LRT" di Kota Palembang guna memenuhi kebutuhan transportasi publik yang lebih moderen dengan harga terjangkau.

Bahkan kehadiran LRT di Kota Palembang mengajarkan budaya baru bagi masyarakat untuk tertib, budaya antre dan budaya keselamatan dalam bertransportasi.

Dia mengatakan, pihaknya akan terus berkomitmen memberikan pelayanan terbaik untuk masyarakat di Indonesia khususnya Sumsel. 

Terlebih LRT, dimana saat ini tengah memfokuskan untuk mengintegrasikan moda transportasi ini dengan moda lainnya seperti bus Transmusi agar nanti penggunaaan kereta api ringan pertama di indonesia dapat lebih maksimal dan menjadi percontohan nasional.

Tak hanya itu, PT KAI Divre III Palembang pun tengah mengembangkan angkutan komiditas Batu bara melalui kereta api dengan membangun sejumlah infrastruktur seperti jalur baru bersama pihak swasta. 

PT KAI juga kini sedang menggarap rute baru perjalanan kereta api Palembang-Prabumulih yang sudah mulai beroperasi dengan kereta Prabujaya. Rencananya akan diluncurkan secara resmi pada 28 September mendatang.

Pengoperasian kereta Prabu Jaya ini pun tidak terlepas atas permintaan yang cukup tinggi dari masyarakat yang mengingkan adanya jalur Palembang-Prabumulih dan sebaliknya.
 
"Prabumulih ini juga salah satu upaya kami melayani kebutuhan penumpang. Dengan beberapa inovasi dan terobosan yang coba kami bangun ini, diharapkan Sumatera Selatan dapat menjadi salah satu provinsi yang memiliki keragaman moda transportasi kereta yang digunakan oleh masyarakat yang lebih kekinian dan moderen" kata Hendy.


 
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar