Harga jagung giling di Baturaja naik Rp500/Kg

id jagung,petani jagung,jagung giling,buah jagung,harga jagung naik,kebun jagung,pedagang jagung

Harga jagung giling di Baturaja naik Rp500/Kg

Dokumen - Panen jagung (ANTARA FOTO)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Harga jagung giling di sejumlah pasar tradisional Baturaja, Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan mengalami kenaikan sekitar Rp500 per kilogram dari Rp3.200/Kg menjadi Rp3.700/Kg.

Pedagang jagung giling di Pasar Atas Baturaja, Ogan Komering Ulu (OKU), Lina di Baturaja, Sabtu mengungkapkan, harga jagung giling untuk pakan burung dan ayam tersebut mengalami kenaikan sejak beberapa hari terakhir saat ini dipatok pedagang sebesar Rp3.700 per kg.

"Memang harganya sudah begitu mau bagaimana lagi. Jika tidak menaikan harga jual saya bisa merugi," katanya.

Menurut dia, kenaikan harga tersebut disebabkan pengaruh cuaca yang saat ini memasuki musim kemarau menyebabkan pasokan jagung dari petani di wilayah setempat ke tingkat pedagang menurun drastis.

Pasokan dari petani jagung di Kecamatan Lengkiti saat ini cenderung sedikit karena musim kemarau hasil panen mereka menurun drastis," kata Ipul pedagang jagung giling lainnya menambahkan.

Selain pasokan berkurang kata dia, daya beli masyarakat yang membeli jagung untuk pakan burung dan ayam tersebut saat ini juga menurun drastis.

Dia mengemukakan, biasanya sebelum kenaikan harga untuk satu ton jagung giling habis terjual hanya selama satu bulan.

"Namun saat ini satu ton jagung giling baru bisa terjual dalam waktu 3-4 bulan," ujarnya. (KR-EDO).