Damri Palembang gelar mudik gratis rute Palembang - Muara Enim

id Damri,Bus damri,Mudik gratis,Muaraenim,Lebaran

Damri Palembang gelar mudik gratis rute Palembang - Muara Enim

Sejumlah penumpang hendak masuk ke dalam Bus Damri di Terminal Damri Jalan Kolonel H. Burlian Palembang, Kamis (7/6/18). Sejumlah penumpang memilik mudik lebih awal pada lebaran tahun ini menghindari kemacetan dijalan. (ANTARA News Sumsel/Aziz Munajar/Erwin Matondang/18)

Palembang (ANTARA News Sumsel) - Perum Damri Palembang menggelar mudik gratis tahun 2018 rute Palembang - Muara Enim Sumatera Selatan.

"Tahun ini kami memberikan mudik gratis kepada masyarakat yang akan pulang kampung  ke Muara Enim selama tiga hari yakni 12 - 14 Juni," Kata General Manager Perum Damri Kantor Cabang Palembang Suranto, Kamis.

Pihaknya memberangkatkan dua bus berkapasitas 50 tempat duduk setiap hari mulai 12 - 14 Juni dari terminal Jakabaring untuk 300 pemudik beruntung.

Dia menjelaskan selain mudik gratis yang pihaknya selenggarakan, masih ada dua program mudik gratis dari PT Pusri Palembang dan PT Timah Bangka menggandeng Damri Palembang.

Program Mudik gratis PT Pusri khusus tujuan Pulau Jawa sebanyak 200 orang, sedangkan PT Timah khusus 100 mahasiswa dari palembang  tujuan Bangka Belitung.

"Bagi yang ingin ikut mudik gratis ke Pulau Jawa daftarnya  langsung ke PT Pusri untuk keberangkatan tanggal 9 Juni, kalau yang ke Bangka daftar dengan PT Timah, Semua khusus untuk rute Palembang - Muara Enim," Ujar Suranto.

Ia menambahkan pihaknya pertama kali meggelar prgram mudik gratis tersebut karena tahun sebelumnya hanya  ada mudik gratis tujuan pulau Jawa saja, program tersebut bisa menjadi pilihan masyarakat menghindari kenaikan tarif bus Antar Kota Antar Provisi (AKAP).

Beberapa tarif bus AKAP mengalami kenaikan hingga 50 persen, seperti rute Palembang - Jakarta, dimana pada hari biasa Rp230.000, namun pada H-8 hingga H+8 menjadi Rp350.000. 

"Harga tiket saat ini mengacu pada tarif batas atas - batas bawah sesuai intruksi Perum Damri pusat, tetapi kenaikan tidak berlaku untuk rute lokal di Sumsel," Tambahnya.

Untuk persyaratan memperoleh mudik gratis dari PT Pusri dan  PT Timah pihaknya meminta masyarakat langsung menghubungi dua perusahaan tersebut, sementara untuk Damri pemudik cukup mendaftar seperti biasa, nanti ditentukan oleh Perum Damri tahun ini.