Pemkab OKU dapat bantuan tempat pembuangan sampah

id pemkab oku,bantuan tpa,bantuan tempat pembuangan sampah,kementerian lh,sampah,pengolahan sampah

Pemkab OKU dapat bantuan tempat pembuangan sampah

Dokumen - Teknisi mengontrol tekanan gas di Pembangkit Listrik Tenaga Sampah (PLTSa) di Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Benowo, Surabaya, Jawa Timur, Kamis (11/8). (ANTARA/Didik Suhartono/16)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pemerintah Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, akan menerima bantuan satu unit tempat  pembuangan dan pengolahan sampah rescue, reuse, recycle dari Kementerian Lingkungan Hidup untuk mengatasi masalah sampah di wilayah setempat.

"Bantuan Tempat Pembuangan Sampah Rescue, Reuse, Recycle (TPS3R) ini jika dirupiahkan mencapai Rp500 juta," kata Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Slamet Riyadi di Baturaja, Sabtu.

Dia mengatakan, TPS3R tersebut akan dibangun di tengah permukiman penduduk di wilayah itu dengan sistem pengelolaannya berbasis masyarakat.

Untuk tempat pembangunan TPS3R masih dalam proses survei lokasi, yakni di Desa Tanjung Baru, Kemiling, dan Desa Terusan.

"Rencananya pembangunan TPS3R akan dimulai pada Juli 2018," tegasnya.

Menurut dia, tujuan dibangun TPS3R untuk mengurangi dan mengatasi masalah sampah di sejumlah Tempat Pembuangan Akhir (TPA) sampah yang ada di OKU.

TPS3R sendiri kata dia, merupakan tempat pemilihan, pengurangan, mendaur ulang barang bekas dan pemanfaatan kembali sampah dari pemukiman penduduk.

Dengan teknologi terpadu ini diharapkan akan mampu menuntaskan pengolahan sampah di perkotaan.

"Semua jenis sampah dapat dilakukan di TPS3R ini," ujarnya.