Server Disdukcapil OKU disambar petir, pelayanan menjadi terganggu

id server e-ktp,disdukcapil,pelayanan ktp,serrver induk disambar petir,pelayanan masyarakat terganggu,e-ktp

Server Disdukcapil OKU disambar petir, pelayanan menjadi terganggu

Arsip - Warga melakukan perekaman data E-KTP (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/16)

Baturaja (ANTARA News Sumsel) - Pelayanan masyarakat di kantor Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan, terganggu akibat kerusakan server induk yang disambar petir saat hujan deras mengguyur wilayah itu beberapa waktu lalu.

"Kerusakan ini sudah terjadi sejak lama saat hujan deras pada 28 Februari lalu disertai petir menyambar server induk hingga rusak," kata Kepala Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Ogan Komering Ulu (OKU), Ajahari di Baturaja, Senin.

Dia mengatakan, kondisi tersebut membuat server tidak berfungsi berdampak pada pelayanan kepada masyarakat menjadi terganggu.

Kerusakan itu, kata dia, menyebabkan pihaknya tidak bisa memasukan sejumlah dokumen data seperti perekaman e-KTP, kartu keluarga, akta kelahiran dan dokumen pindah domosili.

"Sebab server ini berfungsi menghubungkan data daerah ke Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk pencetakan dokumen tersebut," katanya.

Hanya saja, lanjut dia, meskipun server dalam keadaan rusak namun pihaknya masih menerima berkas warga yang mengurus dokumen kependudukan.

"Selama server bermasalah, kita berikan surat keterangan," jelasnya.

Menurut dia, pihaknya segera membawa server yang tersambar petir itu ke Kemendagri untuk diperbaiki agar pelayanan kepada masyarakat kembali normal seperti biasa.

"Namun belum dapat dipastikan berapa lama perbaikan akan selesai. Yang pasti, sejak akhir Februari lalu semua pelayanan dokumen kependudukan dihentikan sementara waktu," ujarnya.