Forum pesona Sriwijaya wadah promosi wisata Sumsel

id wisata, wadah pariwisata,promisi wisata,irene camelyn,objek wisata,promosi,wisata sumsel, wisata sejarah,budaya

Sejumlah wisatawan menikmati kuliner di atas kapal warung makan terapung di tepian Sungai Musi pelataran Benteng Kuto Besak (BKB) Palembang, Sumsel. (ANTARA News Sumsel/Feny Selly/17/I016)

Palembang  (ANTARA News Sumsel) - Forum Pesona Sriwijaya menjadi wadah untuk mempromosikan destinasi wisata di Provinsi Sumatera Selatan karena potensinya cukup besar, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn Sinaga.

Menurut Irene, di Palembang, Minggu, forum ini mempunyai misi untuk mempromosikan pesona daerah di Sumsel.

Selain itu, forum yang baru dibentuk itu punya tugas untuk memperkenalkan destinasi wisata yang ada di daerah ini, kata dia.

Menurut dia, Sumsel memiliki ratusan objek wisata yang menarik sehingga perlu terus dipromosikan.

"Sumsel banyak memiliki daya tarik wisata, termasuk budaya sehingga harus diperkenalkan secara luas," ujar dia pula.

Karena itu, kehadiran forum tersebut diharapkan mampu memperkenalkan tempat wisata dan budaya yang ada di daerah ini, ujar dia.

Memang, lanjut dia, pengukuhan Forum Pesona Sriwijaya ini bukan hanya sebagai simbolisasi dan memberikan semangat bahwa ruang publik untuk komunitas sudah dibuka di Sumsel bukan hari ini, tetapi sudah sejak dua tahun yang lalu. Selain itu sebagai ajang silaturahmi bagi masyarakat yang mencintai wisata.

Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, Sumsel saat ini melihat ke depan meneruskan dan mengembalikan kejayaan Kerajaan Sriwijaya dengan tetap utuh dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Memang, lanjut Gubernur, Sumsel bukan provinsi terbesar dan terkaya, tetapi daerah ini mempunyai motivasi yang kuat membangun daerah.

Gubernur mengatakan, daerah ini punya rasa persatuan seperti zaman Kerajaan Sriwijaya yang tertuang dalam 18 prasasti utamanya Prasasti Kedukan Bukit.

Selain itu, Sumsel telah ditunjuk sebagai sport tourism di Indonesia yang diperoleh melalui perjuangan keras karena sukses menjadi tuan rumah pesta olahraga internasional, kata dia.

Karena itu, Pemprov Sumsel sangat mendukung dibentuk Forum Pesona Sriwijaya sebagai bagian dari promosi wisata daerah ini, ujar Alex Noerdin pula.
Pewarta :
Editor: Indra Gultom
COPYRIGHT © ANTARA 2018

Komentar