Tagana Sumsel tingkatkan kesiapsiagaan hadapi musim hujan

id tagana, musim hujan,berita palembang,infosumsel, berita sumsel

Tagana Sumsel tingkatkan kesiapsiagaan hadapi musim hujan

Dokumentasi: Sejumlah anggota Taruna Siaga Bencana (Tagana) melakukan simulasi penyelamatan bencana saat apel siaga Tagana di lapangan Shooting Range Jakabaring Sport City Palembang.

Palembang (Antaranews Sumsel) - Wakil Gubernur Sumatera Selatan Ishak Mekki meminta sukarelawan Taruna Siaga Bencana binaan Dinas Sosial setempat meningkatkan kesiapsiagaan menghadapi musim hujan pada penghujung 2017.

Sekitar 1.000 sukarelawan Taruna Siaga Bencana (Tagana) diminta melakukan berbagai persiapan dan meningkatkan kesiapsiagaan untuk menghadapi bencana yang sewaktu-waktu bisa terjadi ketika hujan lebat turun dalam waktu yang cukup lama atau lebih dari satu jam, kata Wagub menanggapi cuaca ekstrem akhir-akhir ini, di Palembang, Selasa.

Menurut dia, pada setiap musim hujan, wilayah provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini cukup rawan terjadinya bencana banjir dan tanah longsor.

Beberapa daerah yang cukup rawan terjadi bencana banjir dan tanah longsor seperti Kota Palembang, Pagaralam, Kabupaten Ogan Ilir, Musirawas, Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, dan Empat Lawang.

Dengan peningkatan kesiapsiagaan, diharapkan sukarelawan Tagana dapat memberikan bantuan secara cepat dan tepat kepada masyarakat jika pada suatu daerah terjadi bencana alam seperti banjir dan tanah longsor atau dampak negatif musim hujan lainnya, katanya.

Dia menjelaskan, untuk memberikan bantuan secara cepat dan tepat, selain meningkatkan kesiagaan sukarelawan Tagana, pihaknya juga berupaya menyiapkan stok bantuan tanggap darurat berupa bahan makanan dan peralatan yang biasa dibutuhkan di lokasi bencana.

Secara umum stok bantuan tanggap darurat sudah disiapkan di gudang Dinas Sosial Provinsi Sumatera Selatan dan di kabupaten/kota.

Melalui berbagai upaya tersebut, diharapkan jika terjadi bencana selama musim hujan hingga beberapa bulan ke depan dapat ditanggulangi dengan cepat dan tidak menimbulkan masalah sosial, kata Wagub.
(T007)