OCA: Sumsel Sudah Siap Selenggarakan Asian Games 2018

id oca, dewan olimpiade asia, sumsel siap tuan rumah asian games, asiang games, jakabaring, jsc

OCA: Sumsel Sudah Siap Selenggarakan Asian Games 2018

Pekerja melakukan pengecatan tribun Stadion Gelora Sriwijaya Jakabaring (GSJ), di kompleks olahraga Jakabaring Sport City (JSC), Palembang, Sumatra Selatan, Senin (28/8). (ANTARA Sumsel/Nova Wahyudi/17)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Wakil Presiden Dewan Olimpiade Asia Wei Ji Zhong mengatakan, Sumatera Selatan telah siap menyelenggarakan Asian Games XVIII/2018 karena fasilitas di kawasan olahraga Jakabaring Palembang pengerjaannya sesuai rencana.

"Semua fasilitas untuk pesta olahraga internasional mendatang itu tidak ada masalah dan pengerjaannya sesuai rencana," kata dia usai meninjau fasilitas olahraga Jakabaring Palembang, Kamis.

Memang, lanjut dia, pihaknya sudah lima kali meninjau fasilitas olahraga untuk Asian Games di Palembang ini dan saat ini kondisinya cukup bagus.

Pertama dalam kunjungan fasilitas pertandingan banyak yang belum layak tetapi sekarang ini semuanya cukup bagus, kata dia.

Selain itu fasilitas yang dibangun dan dibenahi tersebut hampir rampung dan ada yang sudah selesai serta hanya perbaikan saja, ujar dia.

Lebih lanjut dia mengatakan, progres pembangunannya cukup cepat dan ini berarti Gubernur Sumsel Alex Noerdin benar-benar mengawasi tahapan pengerjaan pertandingan pesta olahraga akbar mendatang.

Jadi secara umum Sumsel siap menjadi tuan rumah penyelenggara Asian Games karena pembangunan dan renovasi fasilitas pertandingan tidak ada masalah, kata dia.

Dia mengatakan, secara umum Asian Games untuk membangitkan perekonomian masyarakat karena dengan adanya pesta olahraga itu semua infrastruktur utama dan pendukung harus dibangun.

Sementara Gubernur Sumsel Alex Noerdin mengatakan, semua fasilitas yang dibangun dan diperbaiki tidak ada kendala dan berjalan sesuai tahapan.

Bahkan, lanjut gubernur, ada beberapa fasilitas melebihi target perencanaan seperti cabang olahraga menembak yang direncanakan 97,143 persen dan sudah terealisasi 97,342 persen.

Begitu juga lokasi venue dayung yang direncanakan 94,02 persen sekarang sudah mencapai 95,23 persen, kata gubernur.

Namun, ada beberapa fasilitas yang pengerjaannya sudah rampung seperti voli pantai, Stadion Olahraga Gelora Sriwijaya serta Stadiun Atletik yang hanya pembenahan saja.

Yang jelas Sumsel sudah siap menjadi tuan rumah penyelenggaran pesta olahraga yang diikuti negara-negara di Asia tersebut, tambah dia.