Presiden peroleh anugerah gelar adat di Talaud Sulut

id Presiden Joko Widodo,Talaud Sulut,berita palembang, berita sumsel,penganugerahan gelar adat,Dewan Adat Talaud

Presiden peroleh anugerah gelar adat di Talaud Sulut

Presiden Joko Widodo menerima anugerah gelar adat di Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara, Kamis (28/12/2023). ANTARA/HO-BPMI Setpres

Jakarta (ANTARA) - Presiden Joko Widodo memperoleh anugerah gelar adat saat melakukan kunjungan kerja di Kabupaten Talaud, Sulawesi Utara, Kamis, karena dianggap sangat berjasa pada pembangunan di Talaud.

Menurut informasi yang diterima di Jakarta, Presiden tiba di Bandara Melonguane, Kepulauan Talaud, Sulawesi Utara Kamis sekitar pukul 12.00 WITA.

Setibanya di bandara, Presiden disambut oleh Bupati Kepulauan Talaud Elly Engelbert Lasut, Danrem 131/Santiago Brigjen TNI Wakhyono, Kadisops Lanud Sam Ratulangi Kolonel Pas Togap M. Siburian, Kapolres Kepulauan Talaud AKBP Muhammad Chaidir, serta Danlanal Melonguane Letkol Laut (P) Muhammad Faizal Sidik Permana.

Presiden Jokowi kemudian mengikuti prosesi penganugerahan gelar adat oleh Dewan Adat Talaud.

Ketua Dewan Adat Talaud Arvan Bawangun mengatakan bahwa gelar yang diberikan kepada Presiden Jokowi yaitu "Marambe Ambaralla Palunglaa Porodisa".

"Yang dimaksud bahwa tujuan pemberian gelar adat itu adalah dia sebagai pemimpin yang besar, dia bisa mengayomi, melindungi masyarakat Talaud," ujar Arvan dalam keterangannya.

Arvan menjelaskan bahwa pemberian gelar adat didasari oleh kebijakan Presiden Jokowi yang dinilai telah banyak membantu pembangunan bagi masyarakat di Talaud.