Sumsel tingkatkan partisipasi masyarakat kembangkan pariwisata

id Irene Camelyn, objek wisata, pulau kemarau, kampung arab, Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, wisatawan, pariwisata palembang,

Rumah bergaya indis di Kampung Al Munawar, 13 Ulu, Palembang. (ANTARA Sumsel/Dolly Rosana/17/Ang)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumatera Selatan berupaya meningkatkan partisipasi masyarakat dalam memgembangkan potensi pariwisata di provinsi setempat.

Provinsi yang memiliki 17 kabupaten dan kota ini memiliki potensi pariwisata cukup besar sehingga untuk mengembangkan dibutuhkan peran serta semua lapisan masyarakat, kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel Irene Camelyn di Palembang, Kamis.

Menurut dia, provinsi ini memiliki wisata alam, budaya, dan wisata sejarah, potensi tersebut belum dimanfaatkan secara maksimal karena keterbatasan tenaga dan dana.

Untuk memanfaatkan potensi tersebut, pihaknya berupaya melakukan penataan dan penambahan fasilitas pendukung sejumlah objek wisata yang dinilai paling banyak menarik perhatian wisatawan nusantara dan mancanegara.

Selain itu, pihaknya juga berupaya menggalakkan kegiatan yang bisa meningkatkan kesadaran masyarakat berpartisipasi memgembangkan potensi pariwisata dan melestarikan kebudayaan daerah, katanya.

Dia menjelaskan, untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam mengembangkan pariwisata dan melestarikan kebudayaan, kegiatan Workshop Pengembangan Sadar Wisata Sapta Pesona yang digelar beberapa waktu lalu akan dilakukan secara rutin.

Melalui berbagai upaya tersebut diharapkan pengembangan potensi pariwisata di provinsi ini berjalan dengan baik dan dapat meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan nusantara dan mancanegara sesuai dengan target yang diharapkan, ujar Irene.
Pewarta :
Editor: Ujang
COPYRIGHT © ANTARA 2017

Komentar