Tambang galian C tingkatkan PAD desa

id Tambang, batu, pasir, tanah, galian C, kades, izin, Batu Putih, oku

Tambang galian C tingkatkan PAD desa

Dokumnetasi- Galian pasir. (ANTARA/Helti)

Baturaja (ANTARA Sumsel) - Tambang galian C batu dan pasir di Desa Batu Putih Kabupaten Ogan Komering Ulu, Sumatera Selatan dapat meningkatkan Pendapatan Asli Daerah desa setempat guna menunjang perekonomian masyarakat di wilayah itu.

Sumber Daya Alam berupa Galian C tambang pasir dan batu yang ada di wilayah Batu Putih Kecamatan Baturaja Barat ini menjadi Pendapatan Asli Daerah (PAD) desa kami sebagai Badan Usaha Milik Daerah Desa (BUMDes)," kata Kepala Desa Batu Putih Ogan Komering Ulu (OKU), Medi Candra di Baturaja, Rabu.

Dia mengatakan, selama ini BUMDes yang dimiliki pemerintah Batu Putih hanya berupa sewa kursi dan tenda menjadi PAD dimasukan dalam kas keuangan desa setempat.

"Untuk itu kami memanfaatkan potensi pertambangan pasir dan batu yang ada di daerah kami ini yang dijadikan BUMDes untuk meningkatkan PAD desa guna kepentingan masyarakat banyak," katanya.

Tambang galian C itu sudah memiliki izin pertambangan dari pemerintah kabupaten setempat dan Provinsi Sumsel yang tertuang dalam Keputusan Gubernur Sumatera Selatan No.409/DPMPTS.V/X/2017 tentang izin usaha pertambangan operasi produksi pasir dan batu CV Batu Putih Jaya.

"Hasil tambang ini selain disuplai ke proyek pembangunan jalan kereta api dua jalur, juga dijual untuk umum," ungkapnya.

Menurut dia, pendapatan dari hasil tambang itu dimanfaatkan dalam membangun desa setempat guna kepentingan masyarakat banyak, seperti rencana pengadaan lahan pemakaman umum dan penerangan listrik ke rumah warga kurang mampu.

"Warga di desa kami khusunya Dusun 1 segera memiliki lahan pemakaman seluas sekitar satu hektare yang dibiayai dari hasil pendapatan Galian C tambang sirtu," katanya.

Rencana membeli lahan tersebut, kata dia, guna menambah lokasi penguburan masyarakat mengingat Tempat Pemakaman Umum (TPU) yang ada di desa itu saat ini sudah penuh.

Selain itu, dari hasil pendapatan tambang sirtu juga akan digunakan untuk membiayai penyambungan instalasi listrik ke rumah warga miskin di desa itu yang belum miliki sambungan jaringan PLN.

"Melalui pendapatan BUMDes ini akan mengakomodir pemasangan sambungan listrik ke 33 rumah warga Desa Batu Putih. Mudah-mudahan tahun ini semuanya dapat terwujud," kata dia.