Usaha pembuat kotak tempat penyimpan songket menjanjikan

id kotak, kotak songket

Usaha pembuat kotak tempat penyimpan songket menjanjikan

Usaha pembuatan kotak penyimpanan songket (Foto antarasumsel.com/Evan)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Usaha pembuat kotak penyimpanan kain songket di Palembang Sumatera Selatan ternyata cukup menjanjikan, sehingga sampai saat ini masih ditekuni.

"Sejak tahun 2006 saya menekuni usaha pembuatan kotak tempat penyimpan kain khas jenis songket tersebut sampai sekarang masih dilakukan karena hasilnya cukup lumayan," kata Munir (48) pengrajin kotak songket di kawasan Kelurahan 4 Ulu Palembang, Selasa.

Dijelaskannya, alasan kotak tempat penyimpanan kain songket itu laku di pasaran, karena kain khas tersebut menyimpannya tidak boleh dilipat dan harus tergulung rapi dan ditempat khusus agar keindahan benangnya tetap terjaga.

Terlebih lagi bila pemilik kain songket itu suka berpergian jauh, maka kotak tempat penyimpanan yang terbuat dari kertas karton sangat tepat dan praktis untuk dibawa ke mana saja, katanya.

Pantauan Antara, di sebuah rumah sederhana di kawasan Jalan KH Azhari Kelurahan 4 Ulu Palembang, Munir menekuni usaha pembuatan kotak berbahan baku kertas karton sebagai pengganti pipa paralon ataupun kayu yang biasa digunakan untuk tempat penyimpanan kain songket warga sebelumnya.

Mengenai proses pembuatannya, menurut Munir, cukup mudah dimana kertas karton dipotong menjadi beberapa bagian berukuran panjang 100 centimeter dan diameter 10 CM.

Selanjutnya, potongan-potongan kertas karton itu satu persatu ditempel dan disatukan menggunakan lem hingga membentuk kotak persegi enam.

Sementara, untuk mempercantik tampilan luar kotak-kotak persegi ini dihiasi berbagai macam jenis motif songket sesuai ukuran dan dilapisi dengan plastik agar terhindar dari air dan lebih awet dipergunakan.

Ia mengaku, bersama tujuh pegawainya mampu menyelesaikan sekitar 150 unit kotak tabung songket dalam sehari yang sebagian besar sudah dipesan oleh kios-kios penjual songket di dalam maupun luar Kota Palembang.

Mengenai harga jual untuk kotak ukuran standar Rp75 ribu per unit, bahkan konsumen dapat memesan secara langsung sesuai ukuran songket yang dimiliki, katanya.