KPU OKU Timur siapkan terpal lindungi kotak suara

id Pemilu 2024, logistik pemilu, kotak suara,Sumsel

KPU OKU Timur siapkan terpal lindungi kotak suara

KPU OKU Timur merakit kotak suara Pemilu 2024, Selasa. (ANTARA/Edo Purmana/23)

Martapura (ANTARA) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU) Timur, Sumatera Selatan mulai melakukan perakitan kotak suara Pemilu 2024.

Sekretaris KPU OKU Timur Irto Sunardi di Martapura, Selasa mengatakan bahwa saat ini pihaknya mulai melakukan  perakitan dan penyortiran guna memastikan tidak ada kotak suara yang rusak.

"Kami mulai melakukan perakitan kotak suara yang akan digunakan untuk pemungutan suara pada 14 Februari 2024," katanya.

Dia mengatakan, jumlah total kotak suara yang dirakit yaitu sebanyak 10.940 buah dengan melibatkan puluhan petugas atau pekerja yang melakukan perakitan.

Ia menargetkan seluruh kotak suara selesai dirakit hingga Januari 2024 sehingga bisa langsung didistribusikan untuk digunakan pada pemilu mendatang.

Sejauh ini, kata dia, belum ditemukan kendala dalam proses perakitan kotak suara di mana masih berjalan aman dan lancar.

"Begitupun belum ditemukan kotak suara yang rusak. Apabila nanti kami temukan ada kotak suara dalam kondisi rusak akan segera kami laporkan untuk diganti baru," tegasnya.

Untuk mengantisipasi bila terjadi kebocoran, pihaknya menyiapkan terpal untuk menyelimuti logistik pemilu yang tersimpan di gudang penyimpanan agar aman dari hujan.

"Logistik Pemilu 2024 rencananya akan didistribusikan pada H-3 sebelum hari pencoblosan ke PPK, untuk selanjutnya diteruskan ke PPS di OKU Timur," ujar dia.