PHE Ogan Komering ajak pemuda OKU ciptakan ide kreatif

id Wirausaha kreatif, warga ring 1, Pertamina Hulu Energi

PHE Ogan Komering ajak pemuda OKU ciptakan ide kreatif

PT PHE Ogan Komering menggelar kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta, Sabtu. (ANTARA/Edo Purmana/24)

Baturaja (ANTARA) - PT Pertamina Hulu Energi (PHE) Ogan Komering mengajak pemuda di Kabupaten Ogan Komering Ulu (OKU), Sumatera Selatan untuk menciptakan ide wirausaha kreatif guna meningkatkan kreativitas dan perekonomian masyarakat di daerah itu.

Field Manager PHE Ogan Komering, Alamsyah di Baturaja, Kabupaten OKU, Sabtu mengatakan bahwa pihaknya menginisiasi program bagi para pemuda dan pemudi melalui kegiatan Inkubator Bisnis Gerakan Masyarakat Mandiri Generasi Bertalenta (Gema Magenta).

Alamsyah mengemukakan bahwa kegiatan Inkubator Bisnis Gema Magenta ini dengan menggandeng pemuda yang tergabung dalam wadah Karang Taruna dari beberapa desa di Kecamatan Peninjauan wilayah kerja perusahaan seperti Desa Bindu, Karang Dapo, Mendala, Saung Naga, Penilikan dan Desa Mitra Kencana.

Gema Magenta ini menjadi wadah untuk meningkatkan minat kewirausahaan bagi kaum milenial di ring 1 perusahaan untuk menciptakan ide bisnis kreatif.

"Kegiatan ini sebagai bentuk kepedulian perusahaan terhadap perkembangan perekonomian masyarakat ring 1," jelasnya.

Dalam kegiatan tersebut, para peserta yang berjumlah puluhan orang tersebut diberi pelatihan kewirausahaan hingga mentoring bisnis.

Peserta diberikan materi awal bagaimana menemukan ide bisnis serta menyusun perencanaan bisnis yang dianalisis dari kebutuhan dan permasalahan sekitar sehingga diharapkan mampu membuka lapangan pekerjaan bagi masyarakat di lingkungan masing-masing.

"Para peserta dibimbing langsung oleh praktisi yang aktif serta berkompeten dalam bidang pengembangan bisnis dan nantinya akan diberikan bantuan dana bisnis untuk mengembangkan bisnisnya," ujarnya.

Ia berharap pelatihan Inkubator Bisnis Gema Magenta ini dapat menjadi langkah awal terciptanya lapangan kerja baru dan wirausahawan kreatif dengan memaksimalkan potensi lokal.

"Melalui kegiatan ini, Pertamina Hulu Energi Ogan Komering juga mendukung tercapainya SDG’s yaitu pekerjaan yang layak dan pertumbuhan ekonomi meningkat," ujar dia.