LIPI dukungan pengembangan infrastruktur pengukuran

id lipi, infrastruktur pengukuran, metrologi, timbangan, ukuran, lipi bantu pengembagan

LIPI dukungan pengembangan infrastruktur pengukuran

Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) (Antarasumsel.com/Logo/Aw)

...Jadi kami dukung dengan fasilitasi peralatan untuk dapat jaminan kebenaran pengukuran standar nasional agar bisa diterima di Asia Pasik, termasuk di ASEAN...
Jakarta (ANTARA Sumsel) - Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) memberikan dukungan pengembangan infrastruktur untuk menjamin kualitas proses pengukuran di Tanah Air.
         
"Jadi kami dukung dengan fasilitasi peralatan untuk dapat jaminan kebenaran pengukuran dengan ketelusuran (nilai standar, red) nasional agar bisa diterima di Asia Pasik, termasuk di ASEAN," kata Kepala Pusat Penelitian Kalibrasi Instrumentasi dan Metrologi (Puslit KIM) LIPI Mego Pinandito di sela-sela Simposium Metrologi di Gedung LIPI, Jakarta, Rabu.
         
Ia mengatakan permasalahan infrastruktur pengukuran yang berkualitas menjadi tantangan lain bagi Indonesia. Karenanya, perlu ada pembentukan Lembaga Metrologi Nasional Indonesia untuk menjamin kesinambungan sistem penyelenggaraan metrologi di forum internasional.
         
"Sehingga kredibilitas pengukuran di Indonesia akan semakin baik," ujar dia.
         
Sementara itu, Kepala LIPI Lukman Hakim dalam sambutan yang dibacakan Deputi Ilmu Pengetahuan Kebumian LIPI Iskandar Zulkarnaen mengatakan masalah yang tidak kalah penting dalam kaitannya dengan proses produksi energi adalah metrologi.
         
Menurut dia, metrologi menjadi pondasi penting untuk menciptakan kepercayaan masyarakat terhadap manajemen energi di tanah air, dan hal tersebut menjadi tantangan untuk memperoleh pengakuan internasional.
         
"Kalibrasi harus dilakukan dengan tepat, dilakukan institusi yang tepat telah terstandardisasi secara nasional dan internasional melalui KAN," ujar dia.
         
Simposium metrologi yang digelar di LIPI tersebut merupakan bagian dari rangkaian pertemuan tengah tahun Asia Pacific Metrology Programme (APMP).
         
Pertemuan tengah tahun tersebut membahas pengembangan sistem pengukuran atau kalibrasi untuk gas alam, serta grand design kebijakan energi nasional dalam mengatasi permasalahan energi global oleh Dewan Energi Nasional.