Tina Turner lepas status kewarganegaraan AS

id Tina Turner, Tina Turner lepas kewarganegaraan as

Tina Turner lepas status kewarganegaraan AS

Penyanyi legendaris Tina Turner (Reuters)

(ANTARA Sumsel) - Diva rock dan soul Tina Turner, yang tinggal di Swiss selama hampir dua dekade, melepaskan status kewarganegaraan Amerika Serikat dirinya, seperti dilansir Washington Post pada Rabu.

Mengutip sebuh laporan kedubes AS di Bern, mengatakan bahwa wanita berusia 73 tahun tersebut menandatangani sebuah pernyataan untuk melepaskan status kewarganegaraannya di kedubes pada Oktober.

Ia menikah dengan produser rekaman asal Jerman Erwin Bach pada Juli, tiga bulan setelah mendapat status kewarganegaraan Swiss.

Turner bersama mantan suaminya Ike Turner berhasil menduduki puncak tangga lagu pada 1960-an dengan lagu andalan ‘River Deep, Mountain High,’ sebelum sukses berkarir sebagai penyanyi solo dengan lagu andalan ‘Private Dancer’ pada 1984.

Mengutip seorang “sumber yang mengetahui,” Post menyebutkan bahwa pelepasan kewarganegaraan tersebut lebih sederhana dibandingkan dengan meninggalkan kewarganegaraan AS – dan tidak dikenakan pajak atau penalti lainnya.

Amerika Serikat merupakan salah satu dari segelintir negara yang mengharuskan warganya yang tinggal di luar negeri untuk menyatakan dan membayar pajak penghasilan.