Atlet Riau latihan di Palembang

id anggar, atlet anggar rau

Atlet Riau latihan di Palembang

Dua atlet Riau latihan di Palembang (Foto Antarasumsel.com/Feny Selly)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Dua atlet anggar asal Provinsi Riau, Jamal (15) dan Kevin (15) menjalani pemusatan latihan di Palembang, Sumatera Selatan sejak dua pekan lalu untuk persiapan mengikuti Kejuaraan Nasional, 22-29 Juni 2013.

"Dua atlet ini masih kategori kadet (14-17 tahun) yang dititipkan Pengurus Provinsi IKASI Riau untuk berlatih tanding atau bersimulasi dengan atlet-atlet Sumsel karena ditargetkan meraih medali," kata Pelatih Anggar Sumsel Lucky Ramdhani di Palembang, Rabu.

Ia mengemukakan, kehadiran atlet dari luar provinsi untuk berlatih di Palembang ini bukan kali pertama karena sebelumnya Sumsel menerima atlet dari Aceh untuk persiapan mengikuti PON Riau 2012.

"Prestasi Sumsel dalam beberapa tahun terakhir menjadi alasan Riau mengirimkan atlet mudanya ke Palembang. Selain itu, secara emosional telah terjalin hubungan baik antara dua daerah ini," ujar mantan atlet nasional ini.

Ia menambahkan, saat ini sejumlah atlet Sumsel yang dipersiapkan mengikuti Kejurnas 2013 menjalani latihan intensif sejak dua bulan terakhir.

Porsi latihan lebih difokuskan pada latihan taktik dan strategi serta simulasi pertandingan karena perhelatan kejurnas akan digelar kurang dari satu bulan.

"Setelah PON Riau, latihan kembali seperti biasa yakni hanya memberikan sesi latihan di sore hari, namun para atlet meluangkan waktu untuk berlatih pada pagi hari khusus menghadapi Kejurnas kali ini," katanya.

Terkait dengan target, ia mengatakan tetap mematok juara umum untuk tiga kelas yakni cadet (14-17 tahun), junior (17-20 tahun), dan senior (20-35 tahun) dengan mengandalkan sejumlah atlet berprestasi tingkat nasional.

Hal ini lantaran pada PON Riau lalu meraih gelar juara umum dengan meraih empat medali emas, empat medali perak, dan lima medali perunggu.

"Harapan tidak muluk-muluk, setidaknya mempertahankan gelar," ujar peraih medali emas PON XV tahun 2000 di Jawa Timur ini.