Lembaga Al Quran siapkan 10.000 Dai berdakwah

id dai, ustad, kyai, dakwah, Ust Fatih Karim, Cinta Quran Center Tahfidz & Dai Institute

Lembaga Al Quran siapkan 10.000 Dai berdakwah

Ilustrasi (ANTARA)

Jakarta (Antarasumsel.com) - Sebuah lembaga Al Quran menargetkan sebanyak 10 ribu dai ke seluruh Indonesia untuk menyebarkan dakwah di berbagai medan baik di perdesaan maupun perkotaan.

"Untuk tahap awal kami akan menyiapkan sekitar 400 santri dai dan pendidikan Quran," kata Dewan Pembina Cinta Quran Foundation, Ust Fatih Karim pada acara peletakan batu pertama pendirian Cinta Quran Center Tahfidz & Dai Institute di Jakarta, Minggu.

Dikatakannya, salah satu permasalahan serius yang dihadapi umat Islam di Indonesia adalah belum meratanya dakwah Islam ke seluruh penjuru nusantara.

"Masih banyak wilayah di Tanah Air yang belum tersentuh dakwah. Baik di perkotaan, terlebih di pelosok perdesaan. Penyebabnya tidak lain karena belum tercukupinya dai yang siap berdakwah di berbagai medan," katanya.

Ust Fatih Karim pada acara peletakan batu pertama dilakukan oleh Gubernur Banten H. Wahidin Halim lebih lanjut mengatakan
faktor inilah yang memudahkan menyebarnya ajaran yang meresahkan termasuk paham radikalisme di masyarakat.

Dijelaskannya, setiap calon dai akan menempuh lama pendidikan satu setengah tahun (1,5 tahun). Mereka dididik untuk menghafal Alquran, menguasai Bahasa Arab, ilmu-ilmu keislaman, ilmu manajemen modern dan komunikasi dakwah, serta dasar-dasar entrepreneurship.

"Seluruh santri akan dibebaskan dari biaya pendidikan. Mereka akan mendapatkan seluruh fasilitas penunjang yang mereka butuhkan," lanjut Ust Fatih Karim.

Cinta Quran Center yang berlokasi di Bintaro, Tangerang Selatan,  akan berdiri di atas tanah wakaf seluas 5000m2. Selain pesantren, juga tersedia gedung berlantai tiga yang dilengkapi perpustakaan digital, ruang serba guna, pusat kajian tafsir Quran dan kajian Islam kontemporer.