Dubes Amerika Serikat kagumi Sungai Musi Palembang

id dubes amerika serikat, robert o blake, sungai musi, palembang, gubernur sumsel, alex noerdin

Dubes Amerika Serikat kagumi Sungai Musi Palembang

Kota Palembang (Foto Antarasumsel.com/Nova Wahyudi/15/Den)

Palembang (ANTARA Sumsel) - Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, Robert O Blake menyatakan mengagumi keindahan Sungai Musi Palembang dan ini merupakan daya tarik tersendiri bagi wisatawan.

Turis akan tertarik melihat sungai ini apalagi bila ditata dengan baik, kata Dubes usai wisata Sungai Musi dan Pulau Kemaro Palembang, Selasa.

Ia menyatakan, bila dirinya warga Palembang, tentunya Sungai Musi akan terus dirawat agar tetap memiliki daya tarik.

Menurut dia, apalagi di bantaran Sungai Musi tengah-tengah kota ada Kampung Kapitan yang bisa menjadi pemberhentian wisatawan.

Bahkan, lanjut dia, di Kampung Kapitan ini ada tempat pembuatan Empek-Empek sebagai makanan khas daerah setempat.

Jadi bila ada tur wisata kampung ini bisa dijadikan tempat pemberhentian bagi para turis, ujar dia.

Namun, Dubes menyarankan agar Sungai Musi lebih menarik maka pinggirannya atau bantarannya harus ditata lebih kreatif.

Dia mengatakan, selain itu infrastruktur harus lebih lengkap seperti hotel di pinggir sungai yang ada jembatan Ampera tersebut sudah tersedia.

Bila itu tersedia maka wisatawan akan semakin tertarik berwisata di Sungai Musi Palembang, ujar dia.

Sementara Gubernur Sumsel, Alex Noerdin mengatakan, upaya penambahan dan perbaikan infrastruktur untuk mendukung pariwisata di seluruh wilayah Sumatera Selatan sudah dilakukan sejak dahulu.

Namun pihaknya tidak bisa bergerak sendiri, perlu adanya sinkronitas bersama pemerintah kabupaten dan kota untuk pengembangan pariwisata.

Pihaknya pun mendorong pemerintah kabupaten dan kota, khususnya Pemerintah Kota Palembang agar lebih memperhatikan lagi kebersihan, penataan, dan kelestarian lingkungan di Kampung Kapitan.

Menurut dia, Kampung Kapitan belum begitu bersih dan itu harus menjadi perhatian bersama sehingga wisatawan semakin banyak berkunjung, tambah dia. (U005)